UPT PLN Tanjungbalai Karimun_1f,TRI
Kantor UPT PLN Tanjungbalai Karimun, yang tetap memberikan pelayanan tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan.F.Tri Haryono/batampos

PRO KARIMUN – PT PLN (Persero) masih melakukan promo untuk para pelanggan PLN yang ingin menambah daya listriknya dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI ke-75, hanya Rp170.845 yang sebelumnya Rp4.893.450. Penambahan daya listrik tersebut, berlaku bagi pelanggan Rumah Tangga
(RT) untuk paska bayar maupun prabayar. Dan, berlaku juga kepada pelanggan PLN yang ingin melakukan turun daya listrik.

” Alhamdulillah, cukup banyak juga pelanggan PLN yang melakukan penambahan daya. Kita beri batas waktu hingga 30 September mendatang,” terang Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanjungbalai Karimun Jaswir, Selasa (1/9/2020).

Dan, pada bulan September ini pihaknya telah mendapatkan surat edaran dari menteris ESDM tentang penyesuaian tarif tenaga listrik untuk periode Oktober hingga Desember 2020 yang ditujukan kepada Dirut PT PLN (Persero) nomor 291/23/MEM/.L/2020. Bahwasannya penyesuaian tarif tenaga listrik diperuntukan golongan pelanggan Tegangan Rendah (TR) dari Rp1.467, 28 per kWh turun menjadi Rp1.444,7 per kWh.

” Ada kabar gembira lagi, untuk pemakaian dibulan Oktober hingga Desember nanti ada penyesuaian tarif tenaga listrik baru. Dengan, harga yang per kWh turun menjadi Rp22,58 per kWh,” katanya.

Sedangkan, untuk golongan pelanggan tegangan menengah Rp1.114,74 per kWh, golongan pelanggan tegangan tinggi Rp996,74 per kWh dan khusus untuk rumah tangga R-1/900 VA-RTM sebesar Rp1.352,00 per kWh tarifnya tetap. Sehingga, perubahan tarif tenaga listrik diperuntukan bagi para
pelanggan rumah tangga mulai dari 1300 VA hingga 200 kVA.

” Memang sangat terasa sekali, dampak pandemi Covid-19 yang sudah enam bulan lebih berlangsung. Pendapatan PLN turun drastis, semuanya kita berikan dispensasi mulai pelanggan rumah tangga hingga pelaku usaha,” ungkapnya.

Sementara itu untuk daya listrik sendiri, pihaknya tidak ada kendala sama sekali. Dimana, jumlah pelanggan saat ini mencapai 47 ribu dengan daya kemampuan 39 MW. Hingga sekarang daya listrik masih tersisa 14 MW, yang masih mencukupi bagi pelanggan baru maupun penambahan daya.

” Walaupun, kita berikan stimulus kepada para pelanggan. Tapi, tetap dihimbau kepada pelanggan PLN agar tetap mempergunakan listrik dengan cermat,” pesannya.

Sementara itu salah seorang pelanggan Kodri warga Meral menyambut baik dengan promo dari PLN. Sebab, dirinya sudah lama ingin menaikkan daya listrik dirumahnya menjadi 3.500 VA dari 2.200 VA.

” Wah kabar baik juga tu, ada penurunan tarif dasar listrik dibulan depan. Untuk penambahan daya cukup mudah dan prosesnya cepat. Dan sangat murah,” ujarnya.(tri)