Rumah Rahman dan Rustinah yang mendapatkan program rehab rumah dari Baznas Karimun. F. Baznas Karimun/Batam Pos

PRO KARIMUN – Ditengah-tengah pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun tetap eksis untuk memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu. Dimana, Baznas Karimun sebagai salah satu badan yang mengelola dana umat muslim, terus mendistribusikan dana umat muslim yang dikumpul untuk disalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan. Salah satunya, program bedah rumah yang kali ini rumah Rahman dan Rustinah pekerja buruh harian ini terletak di kampung Harapan RT 002 RW 002 kelurahan Harjosari kecamatan Tebing.

”Sekarang kita berdayakan masyararakat setempat, secara gotongroyong untuk melakukan rehab rumah Pak Rahman yang memang benar-benar layak direhab total,” jelas Ketua Baznas Karimun Nasrial, Senin (13/7/2020) usai melakukan peninjauan terhadap rumah yang akan direhab.

Direncanakan hari ini (Selasa-red) mulai dilakukan rehab. Dimana, Baznas Karimun sendiri telah menyediakan anggaran Rp27 juta untuk bahan bangunan. Sedangkan, pengerjaan sendiri oleh masyarakat setempat yang diprakarsai oleh RT dan RW dengan koordinator langsung oleh Lurah Harjosari. Nantinya, rumah akan dibangun baru dengan ukuran 6×5 meter dengan satu kamar, satu kamar mandi dan ruang tamu.

”Kita prediksi dua pekan selesai dikerjakan. Kebetulan RT dan RW nya tukang jadi bisa cepat dikerjanya,” ujarnya.

Masih kata Nasrial lagi, rumah Rahman kondisinya cukup memprihatinkan dinding rumahnya terdiri dari triplek dan seng bekas yang didapat dari bekas bangunan rumah orang. Dan, dikarenakan lahannya sudah milik sendiri, sehingga bisa diproses untuk mendapatkan bantuan yang sebelumnya dilakukan survie dahulu.

”Pak Rahman kerjanya serabutan, ibunya tukang cuci pakaian. Jadi, sesuai dengan kreteria untuk mendapatkan bantuan melalui dana umat yang dikumpul Baznas Karimun lewat Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS),” ungkapnya.

Sehingga, sampai sekarang ini Baznas Karimun telah melakukan rehab rumah ada 8 unit. Selain itu, Baznas Karimun juga beberapa waktu lalu telah membantu rehab ringan untuk tiga rumah yang berada di Payang Manggis kelurahan Baran Timur kecamatan Meral. Yaitu Imran, Amat dan Tah yang saat ini sudah hampir selesai dikerjakan.

”Ada juga kita bantu tiga rumah sebanyak Rp40 juta untuk bahan material bangunan, dikerjakan secara swadaya masyarakat setempat. Dan, sudah dilakukan survei lagi untuk ibu Nur Hayati warga Bukit Senang yang sedang sakit untuk dilakukan rehab ringan nantinya,” kata Nasrial.

Dengan, semakin banyaknya umat muslim untuk menunaikan ZIS, semakin banyak membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Terutama, untuk program rehab rumah, bantuan beasiswa dan bantuan produktif dan sebagainya. Sehingga, bagi masyarakat yang belum menunaikan ZIS dapat datang ke kantor Baznas Karimun.

”Di Baznas Karimun, kita siap memberikan informasi tentang Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS). Walaupun, umat muslim sudah mengerti, tapi tetap harus diberikan informasi sejelas-jelasnya,” tegasnya.

Terpisah Rahman didampingi istrinya Rustinah merasa bersyukur atas bantuan Baznas Karimun, dalam bedah rumah secara total. Sehingga, dapat ditempati lebih nyaman. Maklum, kondisi ekonomi keluarga sangat terbatas dan tidak bisa membangun rumah yang layak.

”Terimakasih banyaklah. Program Baznas Karimun, sangat membantu bagi keluarga saya yang kurang mampu ini,” ucapnya singkat.(tri)