Warga saat bermain ditepi laut Coastal Area pada sore hari,, Pemkab Karimun ingatkan tetap mengikuti protokol kesehatan. F. Tri Haryono/Batam Pos

PRO KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq berpesan kepada seluruh komponen masyarakat, agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas diluar rumah. Dimana, saat ini kabupaten Karimun telah memasuki New Normal atau tatanan normal baru Covid-19. Sehingga, peranan semua pihak sangat dibutuhkan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 yang belum pasti kapan usai.

”Saya harap semua pihak berperanlah, Pemerintah Daerah tidak bosan-bosannya menghimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya, Minggu (12/7/2020).

Kenapa demikian, karena saat ini kabupaten Karimun masih dizona kuning yang sebelumnya sudah zona hijau. Namun demikian, dengan berjalannya waktu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mulai berangsur berkurang. Sedangkan, pasien yang positif Covid-19 masih dalam proses perawatan di RSUD M Sani. Begitu juga terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga sudah berkurang.

”Paling penting menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah. Termasuk, ketika menggunakan kendaraan roda dua,” pesannya.

Sedangkan, untuk masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Pihaknya, belum memberlakukan sanksi yang harus menunggu aturan dalam hal ini Peraturan Bupati (Perbup) nantinya.

”Sabar dululah, semua kita lihat dahulu perkembangannya. Intinya, kesadaran masyarakat itu harus peduli. Mari ktia sama-sama, saling mengingatkan untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. Semuanya, demi keluarga dan saudara-saudara kita untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Pantauan dilapangan, aktivitas masyarakat seperti berolahraga, bermain terlihat sudah mulai ramai. Seperti di tempat Coastal Area, taman depan RSUD M Sani, tempat permainan anak dan sebagainya.(tri)