Salah satu warga yang akan berkunjung ke perumahan tangguh seligi, diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan air dan sabun. Serta wajib gunakan masker. F. Polsek Balai Karimun/ Batam Pos

PRO KARIMUN – Polsek Balai Karimun, membentuk perumahan tangguh seligi yang merupakan perumahan dengan menerapkan protokol kesehatan bagi orang yang mau masuk kedalam perumahan tersebut. Tujuannya, tidak lain untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 didaerah perumahan tersebut yang berlokasi di dua tempat kelurahan Sungai Lakam Timur dan Lubuk Semut kecamatan Karimun.

”Ini sebagai bentuk kepedulian kita, untuk mengajak masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan ketika beraktivitas diluar rumah. Contohnya, ketika warga masuk perumahan ini wajib menggunakan masker,” kata Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono, Jumat (10/7/2020).

Pihaknya bekerjasama dengan warga perumahan membentuk spanduk himbauan disaat pintu masuk perumahan, selain itu menyediakan tempat cuci tangan dan sabun bagi warga yang berjalan kaki. Kemudian, bagi warga yang menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dilakukan pengecekan suhu oleh warga yang bertugas dipintu masuk.

”Perumahan Tangguh Seligi yang kita canangkan ini, bisa menjadi role model bagi perumahan lainnya maupun pemukiman warga.
Sehingga, dapat mengantisipasi terhadap penyebaran Covid-19 secara dini,” ujarnya.

Pada intinya, lanjut Budi pihaknya sebagai pengayom masyarakat diwilayah hukum Polsek Balai Karimun telah berkomitmen untuk melawan Covid-19 bersama-sama seluruh elemen masyarakat. Mengingat, pandemi Covid-19 di Indonesia belum dapat dipastikan kapan akan berakhir. Sehingga, semua harus bersatu siap siaga dalam mengantisipasi Covid-19 dilingkungan masing-masing.

”Paling penting, diawali dari keluarga kita dahululah. Kemudian, tetangga dan seterusnya secara berantai dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat akan penting protokol kesehatan,” tuturnya.

Sehingga, ketika pandemi Covid-19 berakhir. Masyarakat sudah terbiasa, untuk mengikuti protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari- sehari, baik itu dirumah maupun diluar rumah. Seperti, mencuci tangan dengan air bersih bersama sabun usai beraktivitas, menggunakan masker, jaga jarak dan sebagai.

”Mencuci tangan dengan sabun yang dibasuh dengan air mengalir, memang terlihat sepele sekali. Terkadang, kita juga sering lupa. Tapi, manfaatnya sangat besar sekali dan itu harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Sementara salah satu warga perumahan tersebut, Wati mengungkapkan apa yang dilakukan oleh Polsek Balai Karimun sangat positif sekali. Sehingga, antara warga satu dengan lainnya bisa saling mengingatkan. Baik itu orangtua mapun anak-anaknya, disaat bermain diluar rumah.

”Baguslah. Maklum, kadang sering terlupa protokol kesehatan. Padahal, cuci tangan itu wajib ketika selesai beraktivitas. Agar, terhindar dari penyakit, tapi sering lalailah,” ucapnya.(tri)