Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim didampingi Ketua Baznas Nasrial mendampingi Wabup Anwar Hasyim saat menyerahkan bingkisan kepada peserta khitan massal, Foto diambil sebelum Covid-19. F. Baznas Karimun/Batam Pos

PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, tidak bosan-bosannya mengajak dan menghimbau kepada umat muslim untuk menunaikan zakat di Baznas Karimun. Agar, bisa meringankan saudara-saudara muslim yang membutuhkannya, seperti saat ini ditengah-tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Ketua Baznas Karimun Nasrial kepada Batam Pos mengatakan, walaupun pendapatan Baznas Karimun pada tahun ini terjadi penurunan. Namun, tidak menjadi halangan baginya untuk terus menghimbau agar menunaikan zakat bagi umat muslim. Baik itu, pegawai negeri sipil yang ada dilingkungan Pemerintah kabupaten Karimun maupun Pemerintah Pusat yang ditempatkan di bumi berazam ini. Termasuk, pegawai swasta dan para pelaku usaha yang beragama muslim.

”Disini kita bisa menjelaskan seputar Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS). Petugas kita siap memberikan informasi sejelas-jelaskan, apabila ada warga yang akan berzakat,” terangnya, Jumat (10/7/2020).

Adapun bentuk zakat yang bisa dibayarkan melalui Baznas Karimun, diantaranya zakat fitrah, zakat harta, zakat profesi, zakat pertanian, zakat ternak, qadha puasa, fidyah puasa ramadan, infaq, shadaqah dan sebagainya tetap ada cara perhitungannya yang sudah baku. Kemudian, bagi muzakki orang yang dikenai kewajiban membayar zakat bisa diserahkan ketempat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di masjid.

”Tahun ini kita menargetkan, Rp4 Miliar untuk menggelola dana umat yang akan didistribusikan kepada yang berhak. Dan, pada tahun 2019 lalu Rp3,8 miliar telah tercapai dan sudah didistribusikan,” ujarnya.

Sedangkan, untuk penyaluran hasil zakat dan ZIS diprioritaskan untuk bantuan kesehatan, dakwah, Jumat berkah, bantuan kegiatan keagamaan, bantuan kemanusian, dan bantuan produktif dalam bentuk bantuan usaha dan pendidikan. Termasuk kegiatan khitanan massal dan bedah rumah yang benar-benar langsung direalisasikan dalam waktu setengah bulan.

”Untuk tahun ini saja kita sudah 7 unit rumah selesai dikerjakan. Dan, pada tahap pertama pendistribusian dana umat , sebesar Rp476 juta dengan penerima ada 10 item. Yaitu, fakir miskin se pulau Karimun ada 911 orang, fisabilillah se pulau Karimun 177 orang,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Nasrial lagi pemanfaatan zakat maupun Zis bagi umat muslim sangat membantu dalam meringankan kehidupannya. Artinya, kalau umat muslim lebih banyak lagi menunaikan zakat atau zis di Baznas Karimun, semakin banyak yang bisa dibantu saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

”Sekarang kita sudah mempunyai ambulan laut yang sudah mengantarkan pasien dan jenazah sekitar 23 orang,” katanya.

Terpisah, salah seorang penerima bantuan dari Baznas Karimun yaitu Abdul Malik (62) warga penerima bedah rumah Baznas Karimun mengucapkan, terimakasih atas bantuan dari Baznas Karimun dan anggota Kodim 0317/TBK dalam rehab rumahnya. Mengingat, kondisi rumahnya dengan ukuran 4.5 meter kali 5 meter ini cukup memprihatikan.

”Terimakasihlah. Sekarang, sudah saya nikmati rumah hasil bedah rumah dari Baznas Karimun. Maklum, mata pencaharian saya hanya nelayan ditambah corona pula,” ujarnya dengan logat melayu.(tri)