Kapal ferry MV Oceanna tujuan Tanjungbalai Karimun ke Harbourbay Batam, Sabtu (11/7/2020) akan beroperasi kembali dalam satu hari hanya dua kali perjalanan Pulang Pergi (PP). F. Eddy Surianto/Batam Pos

PRO KARIMUN – Hampir empat bulan lebih, kapal ferry MV Oceanna tujuan Tanjungbalai Karimun ke Harbourbay Batam menghentikan operasinya sejak terjadinya pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Kepala Kantor Cabang Karimun kapal ferry Oceanna Eddy Surianto mengatakan, untuk keberangkatan sendiri dalam satu hari hanya dua kali keberangkatan baik itu ke Batam mapun ke Tanjungbalai Karimun. Mulai pukul 09.15 WIB dan 15.00 WIB.

”Alhamdulillah, keputusan dari manajemen. Kita akan beroperasi mulai besok (Sabtu-red), percobaan mudah-mudahan calon penumpang ramailah,” kata Eddy, Kamis (9/7/2020).

Dengan beroperasinya kapal ferry MV Oceanna, pihaknya tetap mengikuti protokol kesehatan baik itu untuk kru kapal maupun calon penumpang yang akan berangkat. Sebelum beroperasi atau berangkat, kru kapal sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan didalam kapal maupun ruang kemudi.

Selain itu, sebelum penumpang menaiki kapal dilakukan pengecekan suhu badan dengan Termometer Infrared. Termasuk, kapten dan kru kapal juga dicek dan disediakan hand sanitizer didalam kapal.

”Mudah-mudahan ramailah. Supaya bisa kembali normal melayani calon penumpang, serta karyawan juga bisa menghidupi keluarga,” harapnya.

Sementara itu kabid Lala KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Marganda membenarkan, ada satu perusahaan pelayaran yang akan beroperasi Sabtu (11/7/2020). Sehingga, untuk tujuan Batam ada tiga perusahaan pelayaran yang beroperasi melayani calon penumpang tujuan Batam dengan per hari 8 kali keberangkatan untuk empat perusahaan pelayaran.

”Untuk tujuan Sekupang ada tiga kapal dan tujuan Harbourbay Batam satu kapal. Sedangkan, tujuan Riau daratan hanya sampai di Selat Panjang saja,” terangnya.

Sedangkan, Ketua INSA Karimun Bustami Datuk Rajo Marah menuturkan, bahwa dunia pelayaran saat ini sudah mulai bergairah dalam memasuki New Normal atau tatanan normal baru Covid-19. Sehingga, dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di kabupaten Karimun melalui jasa pelayaran.

”Saya hanya mengingatkan kepada semua pihak, mulai dari kru kapal maupun calon penumpang agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan, tetap ikuti aturan yang telah ada, seperti surat kesehatan dan sebagainya,” pesannya.

Pantauan dilapangan, aktivitas keberangkatan penumpang baik itu pelabuhan domestik sudah terlihat ramai calon penumpang yang akan berangkat maupun tiba dipelabuhan Tanjungbalai Karimun. Sedangkan, loket penjualan tiket kapal sudah kembali dibuka untuk beberapa perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal ferinya.

”Baguslah, jadi ada pilihan saya pulang ke Balai nanti. Bisa lewat pelabuhan Sekupang atau Harbourbay Batam,” kata Apui warga Karimun.(tri)