Baznas Karimun selesai melakukan rehab rumah Abdul Malik, seorang nelayan di kecamatan Tebing. F. Baznas Karimun/Batam Pos

PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, kembali melakukan bedah rumah warga kurang mampu yang berada di RT02/RW02 kelurahan Tebing. Sejak direhab kurang lebih 20 hari yang bekerjasama dengan anggota Kodim 0317/TBK tersebut, akhir selesai dikerjakan dan langsung ditempati oleh Abdul Malik penerima bantuan program bedah rumah oleh Baznas Karimun.

”Alhamdulillah, rumah saudara kita Abdul Malik selesai dikerjakan. Dan, langsung ditempati bersama istri dan anak serta cucunya,” kata Ketua Baznas Karimun Nasrial, Senin (6/7/2020).

Dengan demikian, pihaknya hingga sekarang sudah menyelesaikan 7 unit bedah rumah yang ada dipulau Karimun ini. Sehingga, dana umat yang dikumpulkan dari Baznas Karimun dapat disalurkan kepada masyarakat yang kurang mampu dan benar-benar sangat membutuhkan. Dimana, 7 unit yang telah berhasil direhab tiga unit rehab total dan empat unit rehab ringan dan berat.

”Saya menghimbau kepada umat muslim silahkan, sisihkan penghasilan anda untuk berinfaq maupun berzakat di Baznas Karimun. Agar, bisa lebih banyak lagi membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Seperti, rumah pak Abdul Malik yang siap direhab berat,” ujarnya.

Dari tujuh unit rumah yang telah dilakukan perehaban diantaranya, berada di Bukit Senang, Pasir Panjang dan belakang paguyuban Among Mitro untuk rehab total. Sedangkan, rehab sedang di Sungai Raya, Bukit Tembak, Payangmangis dan Tebing ini.

Atas, kerjasama dengan anggota Kodim 0317/TBK yang telah membantu program Baznas Karimun dalam bedah rumah warga kurang mampu. Sehingga, dalam pengerjaan rehab total maupun rehab ringan bisa dikerjakan dengan waktu tidak terlalu lama. Dengan demikian, warga yang menerima rehab rumah dapat langsung menempati rumahnya.

”Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para anggota Kodim 0317/TBK yang membantu dalam rehab rumah ini. Dan, kepada warga penerima bedah rumah tetap memperhatikan protokol kesehatan demi keluarga kita dalam melawan Covid-19,” pesannya.

Untuk rehab rumah secara total atau bangun baru, pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp35 juta dan rehab sedang Rp25 juta yang tergantung kondisi rumah itu sendiri. Artinya, sebelum dilakukan rehab rumah, baznas Karimun melakukan survei dilapangan untuk memastikan layak atau tidak untuk dilakukan rehab.

”Insyallah, target kita tahun ini, untuk rehab rumah sekitar 15 unit yang akan dibedah rumahnya,” ungkapnya

Sementara itu Abdul Malik (62) warga penerima bedah rumah Baznas Karimun mengucapkan, terimakasih atas bantuan dari Baznas Karimun dan anggota Kodim 0317/TBK dalam rehab rumahnya. Mengingat, kondisi rumahnya dengan ukuran 4.5 meter kali 5 meter ini cukup memprihatikan.

”Terimakasihlah. Sekarang, sudah saya nikmati rumah hasil bedah rumah dari Baznas Karimun. Maklum, mata pencaharian saya hanya nelayan ditambah corona pula,” ujarnya dengan logat melayu.(tri)