Puskesmas Kundur sudah dilengkapi rontgen, tapi belum bisa dibuka untuk umum.

PRO KARIMUN – Sejatinya, Puskesmas Tanjungbatu Kundur sudah dilengkapi sarana rontgen (radiologi) sekaligus tenaga medisnya. Tapi untuk pelayanan umum belum bisa beroperasi.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rahmadi mengakui pelayanan rontgen di RS Tanjungbatu belum beroperasi. Hal itu disebabkan petugas yang ditunjuk harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

“Memang peralatan maupun tenaga rontgen di puskesmas Tanjungbatu yang akan dijadikan rumah sakit sudah ada. Karena adanya Covid 19 sehingga petugasnya yang mestinya mengikuti Diklat ke Jakarta batal,” tutur Rahmadi.

Untuk mengoperasikan alat rontgen, lanjut Rahmadi, petugasnya harus mengikuti Diklat Khusus dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

“Setelah mengikuti pelatihan, baru bisa beroperasi,” terang Rahmadi.

Bupati Karimun Aunur Rafiq juga mengakui adanya Covid 19 menyebabkan pelayanan rontgen di Tanjungbatu belum dapat dioperasikan. Karena petugasnya
harus terlebih dahulu mengikuti pelatihan khusus di Jakarta.

“Kita harapkan setelah Covid 19, pelayanan rontgen di Puskesmas Tanjungbatu sudah beroperasi. Sehingga masyarakat tidak harus lagi ke Tanjungbalai Karimun,” sebut Bupati. (ims)