Kapolres Karimun AKBP Adenan AS menunjukkan barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka napi narkoba.

PRO KARIMUN – Selama periode Mei dan Juni 2020, jajaran Satres Narkoba Polres Karimun berhasil mengamankan 18 orang tersangka terkait tindak pidana narkoba. Dari 18 tersangka, dua diantara diketahui bertindak sebagai pembuat pil ekstasi.

“Selama satu bulan terakhir, ada tujuh laporan terkait tindak pidana narkoba yang kita tangani dengan jumlah 18 orang tersangka,” ungkap Kapolres Karimun, AKBP M Adenan AS didampingi Kasatres Narkoba, AKPRayendra, Jumat (3/7/2020).

Pengungkapan tersangka pembuatan pil ekstasi, berawal dari penangkapan tersangka TS di parkiran salah satu hotel di Tanjungbalai Karimun. Daritangan tersangka didapati dua buitr pil ekstasi berwarna biru tua berlogo hello kitty.

Selanjutnya dilakukan pengembangan. Tersangka TS mengaku mendapatkan barang haram itu dari tersangka AS yang tinggal di Jalan Perdamaian, Kecamatan Karimun.

“Tidak hanya tersangka AS yang berhasil diamankan selama penyelidikan. Tetapi juga berhasil meringkus tersangka IS dan R,” papar Kapolres.

Dari ketiganya didapati barang bukti tiga butir pil ekstasi dengan bentuk dan warna yang sama seperti tersangka TS.

Juga diamankan satu mangkuk plastik berisikan serbuk berwarna biru tua. Ditengarai serbuk itu dijadikan sebagai bahan pembuatan pil esktasi.

Selanjutnya dilakukan pengembangan kasus, diketahui pembuatan pil ekstasi diracik sendiri oleh tersangka IS, dan R. Keduanya mengaku baru belajar membuat ekstasi melalui kanal sambungan internet.

“Salah satu campuran yang digunakan untuk membuat ekstasi yakni zat metafetamin atau narkotika sabu. Saat ini, kami masih mengembangkan kasus pembuatan pil ekstasi untuk mengetahui dari mana mereka mendapatkan narkotika jenis sabu,” sebut Kapolres. (san)