Disdukcapil Karimun, mulai melayani pencetakan KTP-eL setelah hampir dua pekan terjadi penundaan. Dikarenakan, tinta pencetakan habis. F. Tri Haryono/Batam Pos

PRO KARIMUN – Hampir dua pekan, pelayanan pencetakan KTP-eL di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun menghentikan pelayanan. Hal ini, dikarenakan tinta tau ribbon untuk pencetakan habis dan sedang dalam pemesanan. Sebab, ribbon atau tinta yang menjadi salah satu kelengkapan untuk mencetak.

”Alhamdulillah, tinta sudah datang dan mulai besok (Rabu, red) pelayanan untuk cetak E-KTP sudah kembali kita buka untuk umum. Dan, tinta yang ada saat ini mampu untuk mencetak 10 ribu sampai 15 ribu lembar E-KTP. Dan, untuk blanko E-KTP saat ini yang tersedia sebanyak 10 ribu lembar,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil Kabupaten Karimun, M Tahar kepada Batam Pos, Selasa (30/6/2020).

Selain itu, katanya, saat ini mesin cetak KTP-eL yang akan digunakan sudah cukup banyak. Jika sebelumnya ada empat unit, sekarang ada tambahan 3 unit yang baru. Sehingga, saat ini ada 7 unit mesin untuk mencetak KTP-eL. Hanya saja, mesin yang baru dengan yang lama sudah tentu berbeda. Perbendaannya hanya pada alat yang digunakan saja.

”Bagi masyarakat yang ingin melakukan penggantian KTP-eL disebabkan rusak bisa datang langsung sendiri ke kantor kita. Bawa KTP-eL yang rusak tersebut sebagai bukti bahwa memang benar-benar rusak. Dan, saat ini, kita akan kembali melakukan pencetakan, mengingat masih banyak usia pemula hasil perekaman beberapa bulan yang lalu. Dan, kita harapkan juga daftar tunggu KTP-eL bisa segera selesai,” jelasnya.(san)