Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Karimun M Tahar . FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Dalam rangka mengurangi aktivitas masyarakat, saat melakukan pengurusan administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karimun, mulai hari ini (Senin-red) akan menerapkan sistem pelayanan online melalui WhatsApp (WA) tanpa haru bertemu sapa. Sehingga, bisa mengantisipasi pandemi virus corona atau Covid-19 saat melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

”Jadi, kantor tetap buka cuman pelayanan kita alihkan ke sistem online melalui WA. Sesuai kebutuhan masing-masing yang sudah ada nomor WA,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun, M Tahar, Minggu (5/4/2020).

Kantor Disdukcapil Karimun, saat memberikan pelayanan administrasi kependudukan beberapa waktu lalu. Kini, Disdukcapil Karimun menerapkan sistem online melalui melalui WhatsApp (WA) , sesuai kebutuhan.FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

Dijelaskan, untuk pelayanan kependudukan mulai dari pembuatan Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP-el, surat pindah atau datang. Akte kelahiran atau akte kematian, akte perkawinan hingga update data BPJS maupun Bank bisa dilakukan melalui WA. Sehingga, dokumen yang diperlukan cukup difoto atau discan yang dikirim ke nomor WA yang sudah terlampir sesuai jenis pelayanannya.

” Semuanya, kita lakukan secara gratis. Nah, kalau masyarakat masih kurang paham. Petugas akan memberikan penjelasan penggunakan nomor WA tersebut, sesuai keperluan masing-masing,” terangnya.

Melalui pelayanan WA ini, juga pihaknya mengajarkan kepada masyarakat untuk melek teknologi. Artinya, jangan telepon pintar dipergunakan untuk hiburan saja. Akan tetapi, dapat dimanfaatkan untuk informasi penting tentang administrasi kependudukan. Dimana, sebelumnya juga telah melakukan pembatasan secara manual dengan sistem antri.

” Insyallah, tidak ada kendala dalam pelayanan. Termasuk, yang sifatnya urgen atau sangat mendesak, kita utamakan, dengan tetap waspada termasuk para pegawai kita,” ujarnya.

Adapun nomor WA untuk KK dan Suket 085668424833, kemudian surat pindah atau datang 085668424686, akte kelahiran atau kematian 085356227879, akte perkawinan 081267712016 dan update data BPJS atau bank dan sebagainya 082390060009.

Sebelumnya, Disdukcapil, dalam satu hari pencetakan
KTP-el tidak ada penurunan seperti biasa yang bisa 100 lembar pencetakan KTP-el yang telah didaftar pada hari sebelumnya. Sedangkan, untuk akte maupun KK sendiri sudah bisa dicetak langsung jadi ketika persyaratan sudah dipenuhi oleh masyarakat.

” Saya harap peranan masyarakat untuk bersama-sama melawan virus corona, melalui pemanfaatan pelayanan online lewat WA,” pesannya.(tri)