PRO KARIMUN – Satu unit kapal ambulan laut sumbangan UPZ Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PT Timah yang sudah disiap dirakit, direncanakan akan diserahkan kepada Baznas Karimun, untuk dioperasikan melayani masyarakat hinterland. Pada awal bulan April ini, namun dikarenakan saat ini terjadinya
pandemi virus corona atau Covid-19 yang sedang mewabah. Akhirnya, ditunda dengan waktu yang tidak bisa ditentukan, hingga benar-benar aman.

”Rencana awal bulan ini kita akan jemput ambulan laut dari tempat perakitan Bangka Belitung. Dimana, sebelumnya sudah dilakukan uji coba oleh tim teknisinya,” jelas Ketua Baznas Karimun Nasrial, Jumat (3/4/2020).

Kapal ambulan laut sumbangan dari UPZ Baznas PT Timah ketika uji coba di Bangka Belitung beberapa waktu lalu. Baznas Karimun menunda pengoperasian ambulan laut, akibat pandemi virus corona.FOTO BAZNAS KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

Dengan penundaan penjemputan kapal ambulan laut tersebut, maka secara otomatis belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk penyemputan yang sakit menuju rumah sakit di Karimun. Saat ini, kondisi kapal ambulan laut tersebut sudah siap dioperasikan dengan peralatan medis yang sudah terpasang
didalamnya. Dengan panjang 14 meter yang menggunakan tiga mesin berkekuatan 750 PK, yang bisa mengangkut dua orang pasien sekaligus

Dan, disediakan enam kursi tunggu bagi keluarga pasien maupun perawat didalam kapal tersebut. Kemudian, tersedia kamar mandi kecil dan ruangan dilengkapi pendingin. Sehingga, ketika dipergunakan ambulan laut ini benar-benar bisa memberikan kenyamanan bagi pasien itu sendiri.

”Jadi saya harap bersabar dahulu. Kita sedang terkena musibah virus corona, mari kita bersama-sama berdoa agar musibah ini cepat berlalu dan tidak banyak korban meninggal dunia,” pesannya.

Sebelumnya, Kepala UPZ PT Timah Sofyan mengatakan, anggaran pembuatan ambulan laut berasal dari zakat 2,5 persen dari penghasilan yang dikeluarkan seluruh karyawan di PT Timah. Dan, untuk pengoperasiannya akan dibantu Rp300 juta untuk tahun 2020 ini.

”Kita prioritaskan untuk masyarakat yang kurang mampu berada dipesisir. Ambulan laut, adalah program perdana Baznas secara nasional untuk memenuhi layanan kesehatan bagi warga antar pulau,” katanya.(tri)