Pasien positif 01 Covid-19 yang diisolasi RSUD M Sani, dinyatakan sembuh dan tetap rawat jalan.FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS

PRO KARIMUN – Pasien 01 yang pertama kali terdeteksiterpapar corona virus disease 2019 (Covid-19) yang sudah lebih setengah bulan menjalani perawatan dinyatakan sembuh. Hal ini diketahui setelah hasil pengambulan sampel yang dilakukan sebanyak 4 kali.

”Alhamdulillah, pasien 01 yang positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan sebanyak 4 kali sudah sembuh. Artinya, dalam empat kali pengambilan sampel swab tersebut dua kali positif hasilnya dan dua kali yang terakhir dinyatakan negatif. Hasil pemeriksaan sampel swab yang kedua dan ketiga kita terima dua hari lalu,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi kepada Batam Pos, kemarin (02/04/2020).

Meski dinyatakan sembuh dari Covid-19, katanya, namun, yang bersangkutan masih harus menjalani perawatan. Namun, ruang perawatannya tidak lagi ditempat khusus penanggunlangan pasien Covid-19. Melainkan, dipindahkan ke ruangan lain. Karena, memang berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis masih harus mendapatkan perawatan. Sehingga, kondisi tubuh benar-benar sehat.

Menyinggung tentang satu orang warga yang positif reaktif bersasarkan hasil rapid test atau tes cepat, Rahmadi menyebutkan, untuk orang yang bersangkutan sudah dimasukkan ke dalam ruangan perawatan isolasi di lokasi yang telahd isiapkan oleh pemerintah.

”Tadi malam (Selasa, red) sudah dimasukkan ke dalam ruang isolasi. hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk pengambilan sampel swab tenggorokan sudah dilakukan dan juga sudah dikirimkan ke Jakarta untuk diperiksa disana. Mudah-mudahan hasilnya bisa segera kita ketahui. Apakah benar-benar positif atau tidak. Sebab, tes cepat yang dilakukan persentasenya tidak bisa dikatakan 100 persen. (san)