Sepasang pengantin mengenakan masker saat melangsungkan akad nikah di Kantor KUA Kundur, Selasa (31/3/2020).
foto.dok KUA Kundur

PRO KARIMUN – Merebaknya virus corona saat ini, ternyata tidak menyurutkan pasangan penganten untuk melaksanakan akad nikah. Terlihat jadwal antrian nikah penuh hingga masuk bulan Ramadhan mendatang.

Hanya saat pelaksaan akad nikah, jumlah pengantar dibatasi. Untuk menjaga sterilisasi, diwajibkan mencuci tangan, menjaga jarak, dan mengenakan masker.

“Iya jadwal pasangan yang hendak melangsungkan akad nikah, ramai bahkan mengantri hingga masuk bulan Ramadhan,” ujar Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kundur Mukhrizal, Selasa (31/3/2020).

Untuk hari ini (Selasa, red), kata Mukhrizal, baru usai dilaksanakan akad nikah pasangan pengantin di Balai Nikah Kantor KUA.

“Guna mengantisipasi dan kenyamanan kita batasi jumlah pengantar, dan semua wajib gunakan masker serta menjaga jarak,” terangnya.

Saat dilangsungkan akad nikah, tidak lebih dari enam orang yang hadir. Termasuk sepasang pengantin dan saksi.

Selain itu, semua yang hadir harus cuci tangan yang sudah dipersiapkan di pintu masuk kantor KUA.

“Memang, untuk jadwal akad nikah, tidak bisa ditunda. Sedangkan untuk acara resepsi kita minta ditunda, dan mereka memahami,” aku Mukhrizal.

Mukhrizal juga menyampaikan, terhitung tanggal 30 Maret pelayanan pengurusan administrasi di kantor KUA dibatasi. Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita juga memberikan imbauan terkait antisipasi agar warga masyarakat tetap di rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak,” sebut Mukhrizal seraya berharap kondisi ini segera pulih kembali. (ims)