Tim Badan Tanggap Bencana Baznas Karimun ketika melakukan penyemprotan cairan desinfektan disalah satu pondok pesantren. FOTO BAZNAS KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, turut serta dalam antisipasi merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 di pulau Karimun. Dimana, Baznas Karimun sendiri saat ini sudah mempunyai tim Badan Tanggap Bencana (BTB) yang sudah melaksanakan penyemprotan cairan desinfektan di pondok pesantren, panti asuhan dan sebagainya.

”Alhamdulillah, sudah tiga hari ini kita laksanakan penyemprotan dengan cairan desinfektan ditempat sekolah agama maupun masjid dan mushola,” jelas Ketua Baznas Karimun Nasrial, Jumat (27/03/2020).

Dengan turut serta, antisipasi merebaknya pandemi virus corona oleh Baznas Karimun bertujuan membantu pemerintah dalam pencegahan meluaskan wilayah yang tidak tertutup kemungkinan virus corona masuk.

Kegiatan penyemprotan cairan desinfektan, yang sudah dilakukan didaerah Pondok Pesantren Hidayatullah Sememal, Pondok Pesantren Darul Taufik, Pondok Pesantre Al Himmah, Panti Asuhan Bustanul Adzkia dan masjid maupun surau yang bisa dijangkau oleh BTB.

”Kantor KUA juga kita lakukan penyemprotan. Dan, kita siap apabila ada permintaan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara ditanya, tentang pendistribusian air bersih kepada masyarakat. Ia mengatakan, untuk sementara ini dihentikan dahulu. Namun, apabila ada permintaan dari masyarakat tetap akan dilayani. Sehingga, aksi sosial yang dilakukan oleh Baznas Karimun benar-benar langsung menyentuh masyarakat
yang membutuhkan.

”Disini, kita tidak melakukan pendistribusian dana umat. Tapi, ada aksi sosial yang sangat dibutuhkan masyarakat,” tuturnya.

Terjadinya, musim kemarau maupun merebaknya pandemi virus corona ia berpesan, agar masyarakat tetap bersabar dan ikuti anjuran yang disampaikan oleh pemerintah. Salah satunya, agar mengurangi aktivitas diluar rumah agar bisa cepat berlalu virus corona di Indonesia maupun di kabupaten Karimun ini.

”Mari kita bersama-sama berdoa memohon kepada Allah SWT, agar segera hilang virus corona dibumi berazam maupun negeri Indonesia,” pesannya.(tri)