PRO KARIMUN – Tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona, sempat menjalani isolasi di RSUD Muhammad Sani. Namun setelah hasil pemeriksaan tes swab keluar, satu PDP dinyatakan positif Covid 19, dan satu lagi negatif, Tinggal satu PDP yang masih menunggu hasil pemeriksaan sampel swab tenggorokan dari pusat.

“Kita patut bersyukur. Dua hari lalu, kita mendapatkan laporan resmi bahwa satu pasien yang masih menjalani isolasi di RSUD M Sani dinyatakan negatif atau tidak terjangkit virus Corona. Tinggal satu lagi yang masih kita tung,” ujar Ketua Gugus Tugas Antisipasi Penyebaran Virus Corona Kabupaten Karimun, M Firmansyah, Selasa (23/3/2020).

Oleh karenanya, kata Firman, pasien tersebut sudah dipindahkan perawatannya dari ruangan isolasi ke ruangan lain. Dan untuk pencegahan penyebaran virus Corona, camat sampai RT/ RW diperintahkan untuk melakukan monitoring, dan pemantauan langsung ke lapangan. Mengingat saat ini cukup banyak TKI yang pulang dari Malaysia melalui Tanjungbalai Karimun.

“Camat, Lurah, RT dan RW sudah kita ingatkan untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan. Jika memang mengetahui di daerahnya ada TKI yang baru pulang, disarankan untuk karantina mandiri di rumah selama 14 hari,” beber Firman.

Hal itu dilakukan dmi kebaikan bersama masyarakat Kabupaten Karimun. Karena, penecagan virus Corona tidak menjadi tanggungjawab pemerintah. Tapi, merupakan tanggungjawab bersama.

“Untuk itu, patuhi dan taati imbauan dari pemerintah,” tegas Firman. (san)