Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko
FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, menunda pelantikan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih sebanyak 213 orang yang dinyatakan lulus wawancara dengan surat keputusan KPU Karimun no16/PP.05.3-PU/2102/KPU-Kab/III/2020 belum lama ini. Setelah KPU Pusat mengeluarkan Surat Keputusan No179 dan Edaran nomor 8 tahun 2020 tentang penundaan pelantikan PPS seluruh Indonesia. Dimana, tugas anggota PPS berlaku mulai 23 Maret hingga 23 November mendatang.

”Jadwalnya, Minggu (22/03/2020) lalu dilakukan pelantikan anggota PPS. Tapi, ditunda karena ada pandemi virus corona dan belum dapat dipastikan kapan dilaksanakan pelantikan anggota PPS,” jelas Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (23/03/2020).

Penundaan tersebut, bertujuan untuk pencegahan pandemi viru corona atau Covid-19 dari pengumpulan masa disatu tempat. Selain itu, juga ada beberapa tahapan yang sudah didepan mata juga dilakukan penundaan. Mulai dari pembentukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) beserta pencocokan dan penelitian (coklit).

”Tahapan verifikasi calon perseorangan sudah masuk. Dikarenakan, Karimun tidak ada maka secara otomatis tidak dilaksanakan,” terangnya.

Dengan demikian, pihaknya masih menunggu informasi dari KPU Pusat untuk melaksanakan tahapan Pilkada 2020 serentak, Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri serta Bupati dan Wakil Bupati Karimun. Sedangkan, sekretariat KPU Karimun sendiri hingga sekarang masih tetap berjalan seperti biasa.

”Aktivitas di kantor tetaplah, paling penting antisipasi kita sudah disiapkan dan sesuai dengan prosedur,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengatakan terjadinya penundaan pelantikan anggota PPS oleh pihak KPU Karimun tidak menjadi masalah. Mengingat Indonesia sedang terjadi musibah pandemi virus corona dimana-mana dan mudah-mudahan untuk kabupaten Karimun tidak ada yang menjadi korban.

”Mohon doanya saja, agar segera berlalu virus corona ini. Semua tahapan ditunda, termasuk sekretariat kita tutup sementara,” jawabnya.(tri)