Franky ketika menyerahkan miniatur kapal berbahan kayu bekas kepada Direksi BNI Pusat Agung saat pameran di Jakarta beberapa waktu lalu.FOTO FRANKY UNTUK BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Salah satu pengrajin Karimun yang juga pelaku Usaha mikro kecil menengah (UMKM), Franky Galeri terpilih masuk seleksi yang akan tampil di pameran International pada bulan Agustus mendatang. Sebelum mengikuti pameran International, Franky Galeri telah mengikuti pelatihan di Jakarta dengan moderatong dari Amerika.

”Alhamdulillah, saya satu-satunya di Kepri yang masuk dalam nominasi pameran International di New York (NY) Now dan Dubai Ekspose pada tahun ini. Dari 30 nominasi UMKM dari seluruh Indonesia yang siap mewakili Indonesia dalam pameran International nanti,” terang Franky, Minggu (22/03/2020).

Dimana, dalam pelatihan tersebut bagaimana memberikan konsep produk UMKM yang bisa menembus pasar di Amerika. Sebab, nanti akan bersaing dengan produk kretif dari berbagai negara didunia. Karena, tidak sembarangan produk yang akan ditampilkan. Bukan hanya produk saja, tetapi bagaimana menghasilkan produksi, memenuhi pasaran dunia dan nilai seni yang cukup tinggi.

”Saya juga pengelola Rumah Kreaktif BUMN Karimun yang dibawah binaan BNI 46 Tanjungbalai Karimun. Mohon doanya, mudah-mudahan terpilih mewakili Indonesia dalam pameran nanti,” ungkapnya.

Dirinya, akan mengandalkan produk seni lukisan kayu dengan miniatur kapal yang terbuat dari limbah kayu palet keseluruhan. Sedangkan, lukisan kayu dibikin secara manual dengan sentuhan tangan yang membutuhkan waktu dan ketelitian secara mendatail. Tergantung jenis motif dan tingkat kerumitan, lukisan itu sendiri antara perpaduan kain dan kayu yang menghasilkan karya seni cukup tinggi.

”Tergantung motifnya. Banyak produk saya ditiru orang, tapi tidak ada masalah yang jelas produk saya tidak bisa ditiru siapa saja,” katanya.

Kenapa demikian, kata Franky lagi karena dirinya sering mengikuti pameran diluar daerah. Dan, setiap pameran menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin melihat hasil lukisan. Produk lukisannya, kini sudah banyak dipesan oleh berbagai pihak mulai dari pejabat, pengusaha maupun masyarakat biasa.

”Intinya, pemerintah ingin mengangkat para UMKM setelah mengikuti pameran International. Supaya, bisa menciptakan lapangan kerja dengan memproduksi hasil seni yang bernilai tinggi secara berkontinyu. Dengan pangsa pasarnya International,” bebernya.(tri)