f.humas pemkab karimun
Plt Gubernur Kepri, Isdianto didampingi Bupati Aunur Rafiq, Sekda M Firmansyah, dan Kadis Kesehatan mengecek kesiapan Puskesmas Meral Barat yang dijadikan tempat penanganan sementara PDP Covid-19.

PRO KARIMUN – Puskesmas Meral Barat, Kabupaten Karimun, menjadi salah satu puskesmas yang dijadikan rujukan tempat perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) suspect Covid-19. Hal ini diketahui setelah Plt Gubernur Kepri, Isdianto melakukan kunjungan ke Puskesmas Meral Barat, Minggu (22/3/2020).

Kunjungan Plt Gubernur didampingi Bupati Aunur Rafiq, dan Sekda Karimun M Firmansyah yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19).

Sementara sarana dan prasarana sudah mulai disiapkan oleh Dinas Kesehatan, dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. Diantaranya, kesiapan tempat tidur, pemasangan AC, blower, serta sarana-sarana lainnya.

“Kapasitas di Puskesmas Meral Barat bisa menampung Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 25 orang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rahmadi.

Untuk operasional Puskesmas Meral Barat sebagai rujukan menampung PDP, sudah dibuka Selasa (24/3/2020). Begitu juga tim medis segera dilengkapi.

“Yang pasti, untuk penanganan pasien positif Covid-19, tetap di RSUD M.Sani. Sedangkan Puskesmas Meral Barat, untuk sementara penanganan pasien PDP,” beber Rahmadi.

Dengan ditetapkan Puskesmas Meral Barat sebagai rujukan penanganan pasien PDP, maka perawatan pasien umum dialihkan ke puskesmas pembantu maupun puskesmas terdekat. Hanya untuk Puskesmas Tanjungbalai Karimun, khusus perawatan umum diliburkan sementara, kecuali persalinan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Semoga kita diberikan ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi wabah Covid- 19,” kata Rahmadi. (enl)