PRO KARIMUN – Pemerintah kabupaten Karimun, resmi mengeluarkan surat edarah no ; 138/SE/BKPSDM/2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan sistim kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun.

”Surat edaran yang kita keluarjkan hari ini berdasarkan surat yang kita terima dari Kemen PAN RB. Sehingga, kita di daerah ikut mengeluarkan surat edaran yang mengacu pada ketentuan yang berlaku. melalui surat edaran yang kita terbitkan, maka mulai diberlakukan pada Jumat (20/3) sampai dengan Selasa (31/3),” ujar Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah, Kamis (19/03/2020).

Kini ASN dilingkungan Pemkab Karimun bekerja dirumah, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyalami jajaran ASN beberapa waktu lalu. FOTO SANDI PRAMOSINTO/BATAMPOS.CO.ID

Dengan demikian, lanjut Sekda, ASN dengan jabatan eselon empat ke bawah bekerja di rumah dan tidak boleh berada di luar wilayah Kabupaten Karimun. Dan, untuk pengawasan diberikan tanggungjawab kepada kepala bidang atau kepala kantor atau kepala dinas. Sehingga, ketika dibutuhkan sewaktu-waktu untuk datang ke kantor harus hadir.

”Sedangkan, untuk pejabat eselon tiga dan eselon dua tetap masuk seperti biasa. Yang terpenting surat edaran ini tidak berlaku untuk petugas yang bertugas di bidang pelayanan. Seperti di rumah sakit, Puskesmas, kecamatan dan kelurahan. Karena, tidak menutup kemungkinan ada masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari pemerintah,” jelasnya.

Perlu diingat, kata Sekda, ASN tidak libur, melainkan kerja di rumah. Sehingga, di larang untuk memanfaatkan waktu tidak masuk kantor dengan cara bepergian ke lkiar daerah. Kepada setiap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) se Kabupaten Karimun untuk melakukan tugas pengawasan. Salah satunya pengecekan dengan cara menghubungi. Karena, absensi memang tidak diberlakukan.(san)