PRO KARIMUN – PDAM Tira Karimun dalam rangka mengatasi krisis air bersih di pulau Moro dan Kundur. Sejak Jumat (13/03/2020) lalu PDAM Tirta Karimun sudah mendistribusikan air bersih secara gratis di pulau Moro dan Senin (16/03/2020), mendistribusikan air bersih kepada para pelanggan PDAM di pulau Kudur secara gratis. Pendistribusian air bersih secara gratis tersebut, direncanakan selama tiga bulan kedepan kepada para pelanggan PDAM Tirta Karimun cabang Moro dan Kundur.

”Salah satu solusi kita gunakan mobil lori untuk distribusikan kepada para pelanggan secara gratis. Dengan cara bergiliran yang telah kita jadwalkan nanti,” jelas Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo.

Direktur PDAM Karimun saat melakukan pengetesan air bersih gratis kepada pelanggan dan warga di pulau Kundur dan Moro. FOTO PDAM TIRTA KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

Dikatakan, dalam satu hari pihaknya melakukan pendistribusian air bersih sebanyak tujuh kali angkut menggunakan lori air atau 7000 liter. Sehingga, bisa terbantu kebutuhan air bersih kepada para pelanggan PDAM maupun warga setempat di cabang Moro dan Kundur. Dimana, proses distribusi air bersih, petugas lori air memasukikan air bersih ke tangki yang sudah tersedia di pemukiman masyarakat maupun langsung diberikan kepada masyarakat ke bak penampungannya.

”Memang untuk sementara ini, terbatas yang kita distribusikan kepada pelanggan maupun masyarakat. Mudah-mudahan segara turun hujan di Moro dan Kundur,” ujarnya.

Sementara itu ditanya tentang pengiriman, alat IPA yang ada di Sei Bati dapat dipinjam pakaikan dahulu untuk dioperasikan ke Moro. Pihaknya, masih dalam proses yang harus sesuai prosedur. Sehingga, penanganan utama memberikan air bersih kepada para pelanggan PDAM maupun warga setempat.

”Sabar dahulu, semua perlu proses. Sebab, pengangkatan dan pemasangan alat IPA tidak sedikit biaya yang diperlukan,” ungkapnya.

Sedangkan, kebutuhan air bersih di pulau Karimun hingga sekarang masih mencukupi. Dan, tidak perlu khawatir kepada para pelanggan untuk ketersediaan air bersih. Namun demikian, dirinya juga berharap kepada para pelanggan PDAM agar segera membayar pemakaian air bersih pada bulan Februari lalu.

”Saya juga menghimbau kepada pelanggan, agar segera tepat waktu pembayaran PDAM Tirta Karimun. Termasuk pelanggan yang masih menungguk, agar terbantu untuk operasional perusahaan,” pesannya.

Terpisah, salah seorang pelanggan di Coastal Area mengeluhkan tidak jalannya air bersih PDAM yang sudah beberapa hari ini. Sehingga, untuk kebutuhan air bersih pihaknya harus membeli lori air yang juga mengalami kesulitan untuk datang.

”Sudah lama air PDAM tidak lama. Besar juga biaya kita pengeluaran beli air lori,” keluhnya.(tri)