Dirut PDAM Tirta Karimun Indra Santo (kanan), lurah, anggota Koramil 03 Kundur, ketua RW, dan warga saat memberikan air bersih gratis di Tanjungsusup, Senin (16/3/2020).
foto. Imam Sukarno

PRO KARIMUN – Mulai Senin (16/3/2020), PDAM Tirta Karimun mendistribusikan air bersih secara gratis untuk warga Kundur. Sebanyak empat tangki air ditempatkan di lima Rukun Warga di Kecamatan Kundur.

Setiap hari, PDAM mensuplay sebanyak 7.000 liter air bersih secara gratis. Upaya ini dilakukan sebagai langkah untuk membantu beban masyarakat terkait kebutuhan air bersih saat musim kemarau.

“Bantuan air bersih gratis ini, kita harapkan dapat meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih,” ujar Dirut PDAM Tirta Karimun, Indra Santo.

Bantuan air bersih yang diberikan secara gratis, merupakan orientasi sosial PDAM Tirta Karimun untuk masyarakat Kecamatan Kundur yang membutuhkan. Namun bantuan air bersih ini sifatnya sementara.

“Mudah-mudahan bantuan air bersih ini bermanfaat bagi masyarakat selama musim kemarau,,” ujar Indra.

Sementara Ketua RW 03 Tanjungsusup, Kelurahan Gadingsari, Burhanudin menyambut positif dan mengapresiasi bantuan air bersih untuk warga. Mengingat, ketersediaan air bersih sangat dikeluhkan warga di musim kemarau seperti sekarang.

“Tentu bantuan air bersih ini sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kami harapkan agar warga tidak rebutan dan dapat mengambil air sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Kepala cabang PDAM Tirta Karimun di Tanjungbatu Arman menyebutkan, ada lima titik untuk mendistribusikan air bersih gratis. Diantaranya di Jalan M.Daud, Dwikora, Fajar Baru, Tanjungsusup Darat, dan Tanjungsusup Laut.

Kemudian jalan Sebesi, Baran pauh, jalan A.Yani, Paya Togok, dan jalan Usman Harun. Ketiga lokasi tersebut disediakan Hidrant umum.

“Untuk lokasi yang tidak disediakan Hidrant umum seperti jalan A.Latif, jalan Abdul Wahab, jalan RA.Kartini, jalan Pemuda serta jalan Merdeka, diminta warga untuk menyiapkan jerigen ataupun tempat penampungan air,” papar Arman. (ims)