Baznas Karimun mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan, bersama tim Badan Tanggap Bencana (BTB). FOTO BAZNAS KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN –  Dalam rangka meringankan masyarakat yang membutuhkan air bersih disaat musim kemarau sekarang. Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Karimun mulai mendistribusikan air bersih secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai Kamis (06/03/2020) lalu, aksi sosial yang dilakukan Baznas Karimun bersama tim Badan Tanggap Bencana (BTB) Baznas Kabupaten Karimun yang terlebih dulu melakukan turun (survei) ke lapangan.

” Ini inisiatif kita saja. Jadi warga yang membutuhkan air, dipersilahkan menghubungi Baznas Karimun,” jelas Ketua Baznas Karimun Nasrial, Jumat (06/03/2020).

Untuk saat ini, Baznas Karimun baru bisa mendistribusikan air bersih kepada warga pulau Karimun saja. Sehingga, siapa saja masyarakat yang membutuhkan air bersih siap didistrubisikan kepada masyarakat tersebut. Dimana, saat ini sudah tiga lokasi yang mendapatkan air bersih secara gratis.

”Jadi ketika masyarakat membutuhkan air bersih, kita kirim air bersih melalui lori air yang di fokuskan disatu tempat. Agar, masyarakat bisa mengambil air bersih secara rata disatu kampung,” ujarnya.

Dengan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, agar bisa terbantu untuk aktivitas dirumah dikala kesulitan mendapatkan air bersih. Mengingat, musim kemarau kali ini cukup membuat masyarakat kekurangan air bersih. Dimana-mana, sumur pada kering dan lori air juga terbatas.

”Mari kita berdoa bersama, agar segera turun hujan beberapa hari kedepan. Dan, manfaatkan air bersih untuk dipergunakan seperlunya saja,” pesannya.

Sementara relawan dari tim BTB Baznas Karimun Zuli mengungkapkan, pendistribusian air bersih hingga saat ini tidak ada kendala. Asalkan, ketersediaan air bersih dari lori air masih mencukupi. Sehingga, bisa langsung didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

”Alhamdulillah, bisa kita distribusikan air bersih kepada masyarakat. Rata-rata, masyarakat menampung airnya menggunakan tong biru sekitar 100 liter,”ucapnya.(tri)