PRO KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun, Sabtu (29/02/2020) pagi melakukan pelantikan terhadap anggota Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur, Wakil Gubernur Kepri, dan Bupati. Wakil Bupati Karimun sebanyak 60 orang dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten Karimun.

” Anggota PPK resmi efektif mulai 1 Maret, tinggal menunggu sekretaris PPK yang harus dari ASN untuk pengelolaan anggarannya,” jelas Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko di gedung Nasional.

 

KPU Karimun melantik 60 anggota PPK se kabupaten Karimun oleh Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko. FOTO KPU KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

Sedangkan, untuk kantor PPK sendiri nantinya akan difasilitasi oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Karimun. Dimana, untuk sementara berada di kantor kecamatan masing-masing kantor PPK. Dimana, anggota PPK tersebut bertugas selama sembilan bulan mulai Maret hingga November mendatang.

” Untuk sekretaris PPK maksimal tujuh hari sudah ada di masing-masing PPK yang Surat Keputusan (SK) oleh Bupati nantinya. Hari ini mereka sudah bekerja, mulai melakukan koordinasi dengan KPU Karimun proses tahapan Pilkada,” terangnya.

Anggota PPK selama bertugas diharapkan menjaga integritas dan indepensi tidak memihak salah satu calon peserta Pilkada baik itu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri maupun Bupati dan Wakil Bupati Karimun. Sehingga, proses Pilkada di kabupaten Karimun bisa berjalan lancar dengan hasil yang sesuai harapan masyarakat untuk pemimpin lima tahun mendatang.

” Selamat bekerja kepada anggota PPK yang sudah dilantik, jangan sungkan-sungkan untuk berkoordinasi apabila ada kendala dilapangan,” pesan Eko dalam pelantikan anggota PPK di gedung Nasional lalu.

Sementara itu KPU Karimun sendiri masih dalam proses seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se kabupaten Karimun yang dilakukan perpanjangan 25-27 Februari dengan jumlah pelamar mencapai 451 orang dari 71 kelurahan/desa.

” Untuk calon anggota PPS masih proses, karena anggota PPS dibutuhkan 213 orang untuk 71 kelurahan/desa. Artinya, satu kelurahan/desa ada tiga anggota PPS,” ungkapnya.

Terpisah, Komisioner Bawaslu Karimun Tiuridah Silitonga mengucapkan, selamat kepada seluruh anggota PPK yang sudah dilantik dan diharapkan bekerja sesuai dengan UU Pilkada. Jangan coba-coba bermain, supaya tidak terjadi pelanggaran yang berdampak dengan pidana pemilihan.

” Walaupun, saat proses rekrutmen PPK ada laporan dari masyarakat. Kita (Bawaslu Karimun-red), tetap menindaklanjuti dan sekarang dalam proses,” jawabnya.(tri)