F. CAMAT MORO UNTUK BATAM POS
Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Tirta Karimun, Herwansyah, bersama tim ketika melakukan survei sumber mata air di Sidomoro.

PRO KARIMUN – PDAM Tirta Karimun mendapatkan hibah lahan dari masyarakat di Kecamatan Moro. Lahan yang dihibahkan mengandungi sumber air yang jika dimanfaatkan bisa mengatasi krisis air bersih di Moro.

“Alhamdulillah, ada masyarakat yang menghibahkan lahannya yang memiliki sumber air bersih dengan kedalaman sekitar 8 meter. Airnya banyak, dan saat ini kita sedang dalam proses pelaksanaan hibah,” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Karimun, Indra Santo, Jumat (21/2/2020).

Dalam perhitungan Indra, sumber air di lahan hibah warga tersebut cukup untuk menambah sambungan baru pelanggan PDAM Moro. Saat ini, jumlah pelanggan PDAM Moro, tercatat sebanyak 900 sambungan.

“Pastinya, selesai proses hibah PDAM segera menambah mesin pompa air dengan kapasitas 10 liter per detik,” bebernya.

Pada kesempatan ini, Indra Santo menyampaikan bahwa PDAM di wilayah Moro dan Pulau Kundur menghentikan distribusi air bersih ke pelanggan. Hal ini disebabkan sumber air bersih mengalami kekeringan.

“Untuk itu, kita sudah mengambil kebijakan bahwa pelanggan di dua pulau tersebut tidak dipungut bayaran. Khususnya, abonemennya tidak dipungut,” jelasnya.

PDAM Tirta Karimun, katanya, juga mengingatkan kepada masyarakat agar jika ingin menjadi pelanggan dapat langsung mendatangi kantor resmi PDAM Tirta Karimun.

Artinya, tidak melalui pihak ketiga atau pihak-pihak yang mengatasnamakan PDAM. Hal ini juga untuk menghindari munculnya biaya yang lebih besar untuk proses menjadi pelanggan PDAM. (san)