PRO KARIMUN – Puluhan Jemaah Calon Haji (JCH) kabupaten Karimun untuk musim haji 1441 H/2020 M yang sudah mendaftar. Sejak Senin hingga Kamis  melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua dimasing-masing daerah. Pemeriksaan kesehatan lanjutan, dilakukan di dua lokasi yaitu Puskesmas Tanjungbalai Karimun, untuk JCH asal kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat, Tebing dan Moro.

Sedangkan, Puskesmas Tanjungbatu Kundur untuk JCH asal kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Durai.

” Sesuai surat dari Dinas Kesehatan nomor 443/DK.05/II/205/2020, jadwal pemeriksaan kesehatan JCH kabupaten Karimun untuk tahap kedua dilaksanakan di Puskesmas,” jelas Kasi Penyelenggara Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Karimun Endang Sry Wahyu, Selasa (11/2).

Pemeriksaan kesehatan tersebut, dilaksanakan pada tahun ini untuk JCH yang akan berangkat musim haji 1441 H/2020 M untuk memastikan kondisi para JCH mulai dari pelaksanaan vaksinasi influensza, tes kebugaran dan sebagainya. Dimana, pemeriksaan kesehatan bagi JCH dilakukan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Karimun melalui Dinas Kesehatan dimasing-masing Puskesmas.

Puskesmas Tanjungbalai Karimun, yang sedang melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi CJH asal kabupaten Karimun untuk musim haji 1441 H.
foto: batampos.co.id / tri haryono

“Paling penting, kita harus bisa memastikan kondisi JCH. Agar, JCH bisa mempersiapkan diri nantinya saat menunaikan ibadah haji. Sebab, sejak awal mereka sudah mengetahui riwayat penyakitnya dan bagaimana cara pengobatannya oleh tim medis,” ujarnya.

Sedangkan, JCH kabupaten Karimun hingga sekarang baru 175 orang yang terdaftar. Tapi, data JCH tersebut belum dapat baru sementara dimana kemungkinan masih ada tambahan lagi nantinya. Sehingga, masih menunggu informasi dari pusat untuk kabupaten Karimun sendiri berapa kuota tambahan JCH.

“Kalau yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan tahap kedua ini berjumlah 149 orang,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi membenarkan, bahwa saat ini JCH kabupaten Karimun sedang melaksanakan vaksinasi influenza yang disejalankan dengan tes kebugaran tahap kedua di dua Puskesmas secara gratis. Dalam pemeriksaan umum, JCH dilakukan pengambilan sampel darah, test urine, tensi, test kebugaran, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan test kehamilan untuk ibu-ibu yang masih subur serta dilakukan penyuluhan kesehatan haji.

Untuk di Puskesmas Tanjungbalai Karimun, dimulai sejak Senin (10/2) hingga Rabu (12/2) bagi JCH asal kecamatan Karimun 38 orang, Meral 33 orang, Meral Barat, Tebing dan Moro 41 orang.

Kemudian, Kamis di puskesmas Tanjungbatu Kundur untuk JCH asal kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara dan Durai.

“Nanti, semua JCH akan dilakukan test kesehatan di RSUD M Sani. Baik itu yang usia lanjut, usia produktif, termasuk penyakit resiko tinggi wajib diperiksa oleh dokter spesialis. Tidak seperti dulu, hanya JCH yang berusia lanjut atau JCH yang mempunyai penyakit resiko tinggi,” terangnya.(tri)