PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Karimun mendapat bantuan kapal cepat jenis speedboat. Bantuan berasal dari Baznas Pusat dengan nilai mencapai Rp 1,5 miliar. Kapal ini nantinya dapat digunakan untuk masyarakat umum.

”Alhamdulillah, wilayah kabupaten kita yang terdiri dari pulau-pulau mendapatkan bantuan dari Baznas Pusat,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Karimun, Nasrial, Senin (10/2/2020).

Berdasarkan data, ukuran speedboat dengan panjangnya 13,5 meter dan lebar 3,5 meter. Nantinya menggunakan mesin sebanyak 3 unit dengan masing-masing kecepatan 230 PK.
Saat ini, kapal bantuan sedang dalam proses pembuatan di Provinsi Bangka Belitung.

Insyaallah dalam waktu dekat pekerjaannya sudah selesai dan akan diserahkan kepada Baznas Kabupaten Karimun. Dengan adanya kapal ini bisa membantu masyarakat. Khususnya, masyarakat miskin yang ada di pulau-pulau.

Misalnya, jika ada masyarakat yang berasal dari Durai, Moro dan pulau-pulau lainnya membutuhkan sarana kapal disebabkan hal penting, misalnya karena sakit atau melahirkan, maka kapal ini bisa digunakan.

”Dan, untuk masyarakat miskin kita tidak akan memungut biaya alias gratis. Sedangkan, masyarakat yang mampu kita hanya minta bantuan ganti uang BBM saja,” jelasnya.

Selain digunakan untuk membantu masyarakat miskin dan keperluan pengobatan, kapal ini dapat digunakan untuk keperluan sosial. Seperti bantuan kecemasan di laut untuk mencari korban yang hilang atau mengalami kecelakaan di laut. Yang terpenting juga dengan fasilitas yang diberikan ini dapat digunakan untuk kepentingan dakwah dari satu pulau ke pulau lainnya. (san)