PRO KARIMUN – Meningkatkan keterampilan dan kemampuan bidang konstruksi, PT Karimun Sembawang Shipyard (KSS), yang bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Karimun memberikan pelatihan kerja untuk tenaga kerja (naker) lokal. Kegiatan ini dilakukan, Rabu (5/2/2020).

Kepala Disnakerin Kabupaten Karimun, Ruffindy Alamsjah, mengatakan, di lokasi KSS terdapat workshop atau bengkel. Penggunaannya diresmikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

”Selesai peresmian bengkel, naker lokal kita yang sudah memasukkan permohonan beberapa waktu lalu langsung dilatih kemampuannya oleh pihak perusahaan galangan kapal tersebut,” ujarnya.

Pelatihan keterampilan yang akan diterima pemuda tempatan tersebut salah satunya kemampuan dalam bidang welder atau pengelasan. Pelatihan welder diberikan selama tiga bulan. Pelatihan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk praktik saja, tapi juga mendapatkan pelatihan teori.

Menyinggung tentang pelatihan di PT Saipem Indonesia Karimun Branch, Ruffindy, menyebutkan, pendaftaran untuk mengikuti dan mendapatkan pelatihan di perusahaan asing tersebut sudah ditutup pada akhir Januari lalu.

”Cukup banyak yang mendaftar. yakni 208 orang. Hanya saja, belum ada pemberitahuan kepada kita (Disnakerin) kapan pengumuman akan dilakukan oleh perusahaan tersebut. Meski demikian, pihak perusahaan berjanji akan menyampaikan kepada kita siapa saja yang diterima untuk ikut pelatihan,’’ jelasnya. (san)