PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, kembali melakukan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), salah satu warga kurang mampu. Yakni Nurmala yang berada di RT 003/RW 001, Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral. Bedah rumah tersebut, pihak Baznas Karimun bekerja sama dengan Kodim 0317/TBK.

’’Rumah ibu Nurmala yang pertama kita laksanakan. Cuma, tidak semuanya kita rehab total, hanya atapnya saja kita ganti, pengecatan dinding rumah,’’ jelas Ketua Baznas Karimun, Nasrial, Rabu (22/1/2020).

Pada 2020 ini, direncanakan empat unit rumah yang akan direhab di Pulau Karimun besar. Ada yang direhab total. Sedangkan, pada 2019 lalu sudah selesai empat unit rumah. Yaitu di Baran, Paya Manggis, Pongkar dan terakhir Tanjungbalai Karimun yang dikerjakan kurang lebih empat bulan.

’’Alhamdulillah, ini berkat saudara-saudara kita yang berinfak dan bersedekah maupun berzakat di Baznas Karimun. Mudah-mudahan, bisa lebih banyak juga kita lakukan rehab rumah kedepannya,’’ ungkapnya.

F. TRI HARYONO/BATAM POS
Anggota Kodim 0317/TBK melakukan pemasangan tiang-tiang atap rumah Nurmala dari program Baznas Karimun.

Sementara itu, Dandim 0317/TBK, Letkol Inf Denny menjelaskan, pihaknya sangat mendukung program Baznas Karimun dalam bedah rumah kurang mampu. Dan salah satunya, rumah ibu Nurmala yang sangat memprihatinkan. Atap rumahnya terdiri dari atap rumbia yang saat turun hujan sudah bisa dipastikan bocor.

’’Beliau (Nurmala, red), usianya sudah 56 tahun. Dan, pekerjaanya hanya buruh cuci baju, ini sangat perlu kita bantu untuk bisa nyaman tinggal dirumahnya,’’ ujarnya.

Pihaknya, menerjunkan 25 anggota membantu pemasangan atap rumah tersebut. Agar, bisa segera ditempati oleh pemilik rumah. Mengingat, lokasi rumah yang mendapatkan program RTLH dari Baznas Karimun tidak terlalu sulit yang diprediksi bisa selesai satu hari.

’’Kalau atap, mudah-mudahan selesai satu. Tinggal, sisanya merapikan rumah dan dicat nanti yang kita targetkan 3 hari selesai semuanya,’’ terangnya didampingi Danramil 01

Balai, Lettu Kav Tatang dan Wakapolsek Meral, Iptu Binsar Samusir.

Sedangkan, Nurmala sangat berterimakasih atas program Baznas Karimun yang mendapatkan perbaikan atap rumahnya. Sehingga, tidak lagi menjadi kerisauan dirinya ketika hujan turun, harus menampung air yang jatuh dari atap rumah.

’’ Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli kepada saya. Maklum saja, rumah yang atapnya dari daun rumbia sudah lama tidak diganti,’’ katanya. (tri)