ilustrasi

PRO KARIMUN – Perusahaan kontruksi terbesar di Pulau Karimun, PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) membuka program apprenticeship atau program pembinaan dan pelatihan untuk tenaga kerja lokal di Provinsi Kepri, khususnya Kabupaten Karimun.

’’Pembukaan program ini sudah sejak awal bulan dan sampai dengan hari ini (kemarin, red) yang mendaftar sudah 102 orang. Program ini diperuntukkan khusus tenaga kerja lokal dari Karimun. Namun, juga bisa pelamar dari daerah lain di Provinsi Kepri,’’ ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun, Ruffindy Alamsjah, Rabu (15/1/2020).

Program ini, katanya, memberikan kesempatan bagi tenaga kerja lokal untuk dilatih oleh PT SIKB. Jika memang dianggap layak, tidak menutup kemungkinan direkrut bekerja di perusahaan asal Italia tersebut. Yang jelas, salah satu persyaratan bisa ikut program ini dengan IPK 2,75 untuk semua jurusan.

Kesempatan untuk mendaftar masih terbuka sampai dengan Senin (27/1). Walaupun dari surat yang diterima batas terakhir pendaftaran Sabtu (25/1).

”Disebabkan batas waktu hari terakhir libur kantor, kita meminta kepada pihak perusahaan memberikan perpanjangan waktu sampai Senin (27/1). Alhamdulillah, permohonan kita diterima,’’ jelasnya.

Jika ada masyarakat Karimun ingin mengikuti pelatihan atau magang di PT SIKB, maka pendaftaran bisa dilakukan ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun pada hari kerja.

”Kita hanya menerima berkas lamaran untuk pelatihan, sedangkan yang akan menye-leksi layak atau tidak layak adalah pihak perusahaan. Yang terpenting, mampu berbahasa Inggris dan bisa meng-operasikan komputer. (san)