F. HUMAS PEMKAB KARIMUN UNTUK BATAM POS
Bupati Karimun, Aunur Rafiq, menandatangani prasasti peresmian pasar tradisional Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Senin (13/1).

PRO KARIMUN – Bupati Karimun, Aunur Rafiq, meresmikan pemakaian bangunan pasar tradisional di jalan Pantai Sawang, Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Senin (13/2). Peresmian ditandai dengan penan-datangan prasasti oleh Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, Kadisperindag, Kadis PUPR, Kabag Humas, Camat Kundur Barat, Kepala unit pasar Tanjungbatu dari Perusda Karimun, Maksum.

Rafiq menegaskan, revitali-sasi pasar rakyat menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019. Untuk mendukung terealisasinya pasar tradisional, Pemda Karimun menggelontorkan dana sebesar Rp 1. 444.500.000 yang sekarang sudah dapat digunakan pedagang. Dimulainya aktivitas pasar tradisional Kelurahan Sawang, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Saya ingatkan jika kios-kios dan lapak di pasar tradisional ini diperuntukkan bagi pedagang untuk aktivitas pedagang bukan untuk dijualbelikan pada pedagang lain,” kata Rafiq.

Pengelolaan pasar tradisi-onal di Sawang diserahkan pihak unit Pasar Tanjungbatu di bawah Perusda Karimun. Sehingga semua urusan sewa menyewa dan masalah teknis di lapangan bersama unit pasar selaku pengelola.

Dikatakannya, untuk pe-ngawasan agar kios dan lapak tidak diperjualbelikan, pihak unit pasar Perusda dibantu kepolisian serta kejaksaan turut serta membantu melakukan pengawasan.

Pasar tradisional Sawang dibangun Pemda Kabupaten Karimun melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM dan Energi Sumber Daya Mineral.

Proyek ini, dikerjakan CV Anugrah Kencana dengan konsultan pengawas CV Aska Perkasa.
Sesuai dengan plang proyek pembangunan pasar tradisional dikerjakan selama 150 hari kalender dengan nomor kontrak 510/Disdakop.UMK &ESDM/DAK-SWG/VIII/03/2019. (ims)