f.tri
Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Ketua Baznas Nasrial saat meninjau rumah H Taher yang telah selesai direhab.

PRO KARIMUN – Bupati Karimun, Aunur Rafiq secara simbolis menyerahkan kunci rumah kepada H Taher, Ketua RW 01 Bukit Senang, Sabtu (11/1/2020). M Taher, merupakan satu dari pemilik empat rumah yang mendapatkan program rehab rumah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun.

Selain Baznas Karimun, program rehab rumah layak huni ini bekerjasama dengan Kodim 0317/TBK, Polres, serta Kelurahan Tanjungbalai. Program tersebut dimulai tahun 2019, dan telah rampung pengerjaannya.

“Terima kasih Baznas Karimun yang telah merehab rumah warga kurang mampu. Mudah-mudahan tahun 2020, Baznas bisa lebih banyak lagi lakukan bedah rumah,” ungkap Bupati Aunur Rafiq.

Upaya mendukung program Baznas, Bupati pun mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menyalurkan zakat. Baik itu zakat harta, profesi, infaq Rp1.000 maupun sadaqah.

Sementara Ketua Baznas Karimun H Nasrial menyampaikan, ada empat unit rumah warga yang mendapatkan program rehab rumah layak huni di tahun 2019. Di antaranya di Baran, Paya Manggis, Pongkar, dan Tanjungbalai Karimun.

Pengerjaan rehab rumah diperkirakan kurang lebih empat bulan. Dan tahun 2020, ditargetkan empat unit lagi rehab rumah layak huni yang akan dilaksanakan.

”Insha Allah, bisa lebih dari empat kita lakukan rehab rumah bagi warga kurang mampu. Semuanya tergantung pengumpulan dana umat di Baznas. Lebih banyak yang berzakat, berinfaq dan bersadaqah bisa lebih banyak juga kita lakukan rehab rumah nantinya,” ungkapnya.

Sedangkan, untuk calon penerima program rehab rumah layak huni, Baznas Karimun telah menentukan beberapa kreteria yang harus dipenuhi calon melalui proposal yang diajukan. Diantaranya apakah keluarganya benar-benar tidak mampu secara ekonomi, dan sudah uzur.

”Tahun 2020, Baznas Karimun menargetkan pendistribusian sebesar Rp4 miliar melalui empat tahapan. Yakni untuk bantuan kesehatan, dakwah, Jumat berkah, bantuan kegiatan keagamaan, bantuan kemanusian dan bantuan produktif dalam bentuk bantuan usaha dan pendidikan,” bebernya.

Di tempat yang sama, H Taher tidak menyangkan akan mendapatkan bantuan rehabilitasi rumah dari Baznas Karimun. Mengingat kondisi rumah yang sudah ditempatinya sejak lahir atau 76 tahun lalu berdindingkan papan, kini sudah tembok dengan dua kamar.

”Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dinikmati bersama keluarga. Terimakasih atas bantuan Baznas Karimun yang telah melakukan rehab total rumah saya,” ucapnya.

Dalam penyerahan turut dihadiri Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur Yudi, Danlanal Letkol Laut P Mandri Kartono, Dandim 0317 TBK Letkol (Inf) Denny. Dan langsung melakukan peninjauan didalam rumah tersebut. (tri)