Tiupan angin encang diprediksi melanda Kota Tanjungbalai Karimun hingga beberapa hari ke depan. FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun memprediksi cuaca di Kkabupaten Karimun beberapa hari ke depan akan diterpa angin kuat. Bagi masyarakat yang beraktivitas di luar, terutama di laut agar berhati-hati terjadinya perubahan cuaca secara mendadak.

“Untuk tiga hari ke depan wilayah Karimun masih didominasi banyak awan-awan konvektif. Berarti, ada terjadi hujan yang cukup singkat atau bahasa sederhananya hujan numpang lewat saja,” terang Kepala BMKG Karimun Raden Eko Sarjono, Jumat (10/1/2020).

Dengan kondisi cuaca yang masih kurang insensitas hujan, diharapkan kepada masyarakat tetap waspada terhadap terjadinya angin kencang, terutama sore hari maupun malam hari. Pun begitu gelombang di perairan Karimun terjadi gelombang kuat sedikit tinggi. Namun, untuk aktivitas pelayaran masih aman.

“Bagi nelayan maupun pelaku pelayaran agar tetap berhati-hatilah. Walaupun masih cukup aman, tapi semua bisa terjadi di laut,” ungkapnya.

Ditanya tentang terjadinya fenomena alam yaitu Gerhana Bulan Penumbra, dikatakan, wilayah Kabupaten Karimun tidak terkena semuanya. Hanya sebagian daerah yang akan bisa melihat langsung proses terjadinya Gerhana Bulan Penumbra.

“Prosesnya Sabtu dini hari, dan puncaknya pukul 02.00 WIB, dengan berproses sekitar empat menit. Fenomena alam di tahun 2020 ini, akan terjadi enam kali Gerhana Bulan Penumpbra dan Gerhana Matahari Cincin,” ujarnya. (tri)