PRO KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun mencari sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Karimun. Pembukaan seleksi calon anggota PPK dimulai tanggal 15 Januari hingga 14 Februari mendatang.

Anggota PPK sebagai perpanjangan tangan KPU nantinya beranggotakan lima orang setiap kecamatan. Rekrutan PPK berdasarkan PKPU nomor 16 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati , dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

”Sesuai jadwal, tahapan di tingkat kecamatan hingga kelurahan/desa sudah mulai bekerja pada bulan Maret nanti. Jadi, pekan depan sudah dilakukan perekrutan calon anggota PPK,” jelas Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (6/1/2020).

Adapun persyaratannya menjadi anggota PPK tidaklah rumit. Diantaranya harus WNI, berusia 17 tahun paling rendah, dan tidak menjadi anggota partai politik dengan dibuktikan surat keterangan.

”Paling penting mempunyai integritas, pribadi yang kuat dan jujur. Termasuk berdomisili dalam wilayah kerja PPK yang memahami wilayahnya,” tambah Eko.

Setelah, penerimaan anggota PPK akan dilanjutkan ke

f.tri haryono
Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko

seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Sehingga, badan penyelenggara adhoc nantinya sudah terbentuk dengan total 273 orang.

Masing-masing, 60 orang untuk 12 Kecamatan, PPS 213 orang untuk 71 kelurahan/ desa, dan KPPS yang berjumlah 7 orang per TPS yang akan dibentuk nantinya.

”Jadi bagi masyarakat, bisa turut serta dalam partisipasi mensukseskan pilkada serentak nanti. Seleksi ini terbuka untuk umum,” ungkapnya. (tri)