PRO KARIMUN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun mendistribusikan zakat periode ke-4 tahun 2019 di tiga kecamatan sekaligus. Pendistribusian dana umat tersebut, dihadiri juga staf ahli Bupati Karimun, Sukari yang memberikan dukungan atas kinerja Baznas Karimun.

”Kita (Baznas Karimun-red), untuk pendistribusian dana umat di pulau-pulau bekerja sama dengan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masing-masing kecamatan. Sekaligus sunatan massal di Kecamatan Kundur Barat ini,” jelas Ketua Baznas Karimun Nasrial di Masjid besar Amirul Mukminin, Kecamatan Belat, Sabtu (28/12/2019)

Ketua Baznas Karimun, Nasrial, usai mendistribusian zakat langsung meninjau sunatan massal yang diselenggarakan Baznas Karimun di Masjid Al Furqon, Kecamatan Kundur Barat.
foto: batampos.co.id / tri haryono

Pendistribusian zakat diawali di Kecamatan Kundur Barat di Masjid Al Furqon sebanyak 300 orang. Dilanjutkan Kecamatan Kundur ada 150 orang dan Kecamatan Belat 150 orang, khusus di Kecamatan Kundur Barat disejalankan dengan sunatan massal yang ditargetkan 50 orang untuk anak-anak kurang mampu.

Total dana umat yang didistri-busikan untuk tiga kecamatan Rp 130 juta. Kemudian Rp 75 juta akan didistribusikan untuk 160 orang di Kecamatan Moro dan 80 orang di Durai.

”Insya Allah, tahun 2020 nanti kita targetkan Rp 4 miliar untuk penerimaan zakat. Dengan terus sosialisasi kepada instansi pemerintah maupun swasta, agar berzakat di Baznas Karimun seperti zakat profesi, harta, infaq Rp1.000 dan sedekah,’’ ungkapnya.

Untuk 2019 ini, Baznas Karimun berhasil mengumpulkan dana umat muslim sebanyak Rp 3,8 miliar yang terjadi kenaikan dibandingkan pada tahun 2018 lalu. Dengan penerima zakat atau mustahik keseluruhannya di periode ke-4 ini mencapai 1.851 orang yang berupa uang tunai Rp 526.050.000 atau Rp 500 juta. Selain itu, bantuan kesehatan, dakwah, Jumat berkah, bantuan kegiatan keagamaan, bantuan kemanusian dan bantuan produktif dalam bentuk bantuan usaha serta pendidikan.

”Saya akui, untuk pendistribusian dana umat masih banyak penerimanya yang konsumtif. Mudah-mudahan, tahun depan bisa berkuranglah,’’ ujarnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, masyarakat yang menerima zakat berupa uang tunai secara sabar menunggu giliran pemanggilan sesuai daerah asalnya oleh petugas Baznas yang dibantu dengan petugas UPZ. Sebelumnya, Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan apresiasi atas kinerja Badan Amil Zakat Nasionl (Baznas) Karimun yang telah mendistribusikan dana umat hingga empat periode ditahun 2019 ini. Sehingga, dapat membantu masyarakat kurang mampu, fisabilillah, dunia pendidikan, kesehatan, rehab rumah dan sebagainya yang memerlukan.

”Saya atas nama pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih banyak atas pengelolaan dana umat muslim oleh Baznas Karimun yang sudah didistribusikan,” ucapnya.(tri)