Anggota Polantas Karimun sedang manaikkan sepeda motor yang terjaring operasi ke truk saat Operasi Patuh Seligi beberapa waktu lalu.FOTO TRI HARYONO /BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Polres Karimun merilis pencapaian kinerja selama 2019. Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur Yudi FS, menyampaikan kejahatan konvensional masih mendominasi. Di antaranya tindak pidana curat (pencurian dengan pemberatan) terjadi kenaikan 23 persen, tindak pidana curanmor naik 5 persen dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan, untuk tindak pidana curas (pencurian dengan kekerasan) mengalami penurunan 33 persen dan tindak pidana pembunuhan turun 42 persen, serta tindak pidana perjudian juga terjadi penurunan 42 persen diban-dingkan tahun 2018.

”Untuk kejahatan konvensional masih mendominasi pada tahun ini. Tapi, tahun ini kita bisa menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp310 juta lebih,” terangnya didampingi Waka Polres Karimun, Kompol Muhammad Chaidir, Senin (30/12/2019) sore.

Sedangkan, untuk kejahatan transaksional terjadi peningkatan 9,4 persen atau ada enam kasus dalam pengungkapan kasus narkoba jaringan internasional. Dengan barang bukti sabu 1.627 gram, ganja 6.598 gram, ekstasi 5.028 butir, happy five 969 butir dan ketamin 20,6 gram dengan tersangka terjadi penurunan 5 persen dibandingkan tahun 2018 lalu.

”Untuk barang bukti ekstasi terjadi peningkatkan 3,7 persen dibandingkan tahun lalu atau terjadi kenaikan 4.897 gram,” ujarnya.

Sementara itu, Satlantas Polres Karimun sepanjang 2019 jumlah pelanggaran lalu lintas mengalami penurunan 3,8 persen. Namun, untuk laka lantas terjadi peningkatan 8,9 persen yang diakibatkan faktor kesalahan manusia menjadi penyebab dominan laka lantas. Dengan surat tilang yang dikeluarkan mencapai 3.302 lembar.

”Saya mengkhawatirkan, para pengguna kendaraan masih banyak tidak menggunakan helm. Untuk itu, kepada seluruh elemen masyarakat saya imbau gunakanlah helm saat berkendaraan. Sayangi nyawa anda, demi keselamatan dan keluarga anda,” pesan Yos Guntur.

Di sisi lain, pihaknya juga melakukan operasi penanganan bencana selama 2019 yang mencapai 11 kejadian bersama pemangku terkait lainnya. Mulai dari bencana kapal tenggelam, kapal terbakar, hingga menyelamatkan nelayan Indonesia ke negara tetangga. Kemudian, untuk hubungan dengan masyarakat Polres Karimun sudah melakukan berbagai kegiatan di tengah-tengah masyarakat.

”Selamat menyambut Tahun Baru. Jaga keselamatan, jangan terlalu euforia dalam menyambut Tahun Baru. Mari kita bersama menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya. (tri)