Jamaah mendengarkan khutbah yang disampaikan Kepala KUA Kundur Muhkrizal, S.Ag usai salat gerhana matahar cincin di masjid besar Nurusalam Tanjungbatu, Kamis (26/12/2019)
foto: batampos.co.id / Imam Sukarno

PRO KARIMUN – Masyarakat Tanjungbatu mengikuti salat gerhana matahari cincin yang digelar di masjid besar Nurusalam Kecamatan Kundur, Kamis (26/12/2019) . Salat gerhana dipimpin imam Abdul Razak Al Hafiz sementara khatib kepala kantor urusan agama (KUA) Kundur Mukhrizal, S.Ag dan bilal Ali Topan. Hadir sholat gerhana matahari cincin Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto bersama anggota, Koramil 03 diwakili Pelda Yuherfendi, tokoh agama serta warga masyarakat.

Dalam pesan khutbahnya Mukhrizal menyampaikan jika terjadi fenomena  gerhana matahari maupun gerhana bulan, maka umat Muslim dianjurkan (disunahkan) untuk melaksanakan salat gerhana dua rakaat dan mendengarkan khutbah. Selanjutnya jika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir (ingat) pada Allah, berdoa dan bersedekah.

“Fenomena gerhana matahari cincin yang dapat disaksikan hari ini  menjadi bukti nyata kekuasaan Allah SWT dan hendaknya menyadarkan umatnya betapa kecilnya kita. Kejadian gerhana matahari cincin kali ini hendaknya jadi sarana untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah,”tegas Muhkrizal.

Ditambahkan jika peristiwa gerhana matahari juga pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Tepatnya pada 27 Januari 632 Masehi bertepatan dengan wafarnya Nabi Ibrahim dan putra Rasulullah SAW masih bayi. Atas kejadian ini sebagian orang menghubungkan ada hubunganya dengan peristiwa tersebut. Berikutnya pada 24 November 569 Masehi terjadi gerhana matahari total,  pada 9 Mei sebelum masehi dan pada 30 Oktober 1.207 sebelum masehi. Sehingga Rasulullah mengingatkan jika peristiwa gerhana matahari dan bulan hanya sebagian kecil pertanda kekuasaan Allah.

Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto tengah foto bersama dengan imam masjid,kepala KUA dan pengurus usai salat gerhana.

Selesai melaksanakan salat gerhana matahari Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto mengaku bersyukur dapat melaksanakan salat gerhana matahari bersama masyarakat dan jamaah masjid Nurusalam. Kita harapkan dengan fenomena gerhana matahai cincin hari ini dapat meningkatkan keimanan kita dan tentunya rasa syukur atas semua nikmat yang telah diberikan. Dengan demikian masyarakat di Kundur diberikan rasa aman, tentram dan kondusif. (ims)