seorang peserta sedang mengangkat Jong yang akan diikutkan pada Festival Lomba Jong PT Timah Tbk di Pantai Ketapang, Kundur Barat, Minggu (22/12).

PRO KARIMUN – Sebanyak 640 peserta menyemarakkan Festival Lomba Jong yang digelar masyarakat Desa Kundur di Pantai Ketapang Kecamatan Kundur Barat, Sabtu (21/12) hingga Minggu (22/12). Para peserta tidak hanya berasal dari Kundur namun dari luar Pulau Kundur bahkan dari Malaysia. Acara yang didukung PT Timah Tbk wilayah operasional Kepri dan Riau ini dihadiri Kepala Unit Produksi, Agung Pragama, Kepala Unit Metalurgi, Nono Budi Priono, dan Camat Kundur Barat, Murnijam.

Agung Pratama menyampaikan terima kasih atas antusias masyarakat nelayan serta seluruh peserta yang mengikuti festival lomba jong. Diharapkan festival jong ini bukan sekadar melestarikan permainan rakyat pesisir pantai, akan tetapi dapat meningkatkan pariwisata.

”Kami mengharapkan kegiatan ini menjadi sarana harmonisasi dan bersinergi antara masyarakat bersama PT Timah Tbk, ” kata Agung.

Camat Kundur, Murnijam menyampaikan bangga dan terima kasih atas dukungan dari PT Timah sehingga festival lomba jong berlangsung meriah. Diakuinya pihak panitia sempat kewalahan membludaknya peserta yang hendak mendaftar.

“Peserta cukup membludak sehingga panitia terpaksa membatasi hanya menerima 640 peserta. Dikhawatirkan waktunya tidak cukup untuk melaksanakan perlom-baan,”kata Murnijam.

Ahmad selaku ketua panitia menyebutkan jika lomba jong digelar dalam dua kategori, jong panjang dan Jong pendek. Setiap Jong akan dilepas di garis star beberapa mil dari bibir pantai. Selanjutnya bagi Jong yang tercepat tiba garis pinggir pantai (finis) dinyatakan sebagai pemenang. Sehingga peserta dituntut memiliki keahlian dan trik sendiri untuk membuat Jong tersebut ke garis finis. (ims)