PRO KARIMUN – Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karimun membuka kegiatan pembinaan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Jumat (20/12/2019).

Anwar Hasyim menuturkan bahwa pembinaan dewan hakim MTQ ini sebagai persiapan dalam menghadapi MTQ tingkat kabupaten maupun Provinsi Kepri 2020 mendatang.

“Untuk itu peranan dewan hakim MTQ sangat diperlukan untuk menciptakan kualitas qori dan qoriah Kabupaten Karimun ke depannya,’’ ujarnya.

Melalui pembinaan ini, para dewan hakim MTQ diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam proses pelaksanaan MTQ di tingkat kecamatan, kabupaten dan Provinsi Kepri. Menurut Anwar Hasyim, dewan hakim MTQ sudah ada regenerasi. Dimana, para dewan hakim MTQ Karimun telah berhasil mengantarkan qari dan qariah Kabupaten Karimun menjadi juara umum di tingkat nasional maupun Provinsi Kepri.

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim, yang juga Ketua Umum LPTQ Karimun menyerahkan buku pembinaan dewan hakim MTQ, Jumat (20/12).
foto: batampos.co.id / tri haryono

”Saat ini dalam pelaksanaan MTQ sudah banyak perubahan yang cukup signifikan. Alhamdulillah, Kabupaten Karimun sudah empat kali menjadi juara umum MTQ. Mudah-mudahan, tahun depan bisa kita raih lagi juara umum MTQ di tingkat Provinsi Kepri,’’ ungkapnya.

Peranan dewan hakim MTQ lainnya adalah harus terus memberikan pembinaan kepada para qari dan qariah.

Sementara itu, Ketua Harian LPTQ Karimun, M Rasyid Nur, menyampaikan, peserta yang ikut pembinaan dewan hakim MTQ ada 53 orang dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

“Kami menghadirkan narasumber dari dewan hakim MTQ Provinsi Kepri yang juga dewan hakim nasional Junaidi,” ujarnya. (try)