PRO KARIMUN – Untuk menjamin perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019-2020 berjalan aman dan lancar, Polres Karimun melaksa-nakan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Karimun, Kamis (19/12/2019). Hal ini sebagai tanda sudah dimulainya Operasi Lilin Seligi 2019 di Kabupaten Karimun.

Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur memasang tanda pita dimulainya Operasi Lilin Seligi untuk pengamanan Nataru 2019/2020.FOTO SANDI PRAMOSINTO/BATAMPOS.CO.ID

”Diharapkan semua kegiatan yang berhubungan dengan Nataru bisa dilaksanakan dan berjalan dengan lancar. Situasi juga selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif. Apalagi, dalam Operasi Lilin Seligi 2019/2020 ini didukung dengan kekuatan personel yang akan ikut melakukan pengamanan sebanyak 208 orang,’’ ujar Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur kepada wartawan.

Personel yang terlibat dalam Operasi Lilin Seligi 2019/2020 kali ini, kata Kapolres, tidak hanya dari lingkungan Polri. Tapi, juga dari instansi samping. Dengan rincian, dari berbagai satuan dan Polsek yang ada di Polres Karimun menurunkan 120 orang personel.

Kemudian, dari jajaran TNI sebanyak 30 orang. Sisanya 58 orang yang berasal dari gabungan berbagai instansi. Di antaranya, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

Menyinggung tentang potensi kerawanan yang menjadi perhatian serius, Kapolres menyebutkan ada beberapa potensi kerawanan yang harus menjadi perhatian bersama.

”Yakni, kejahatan terkait teroris, kejahatan yang bersifat konvensional, aksi penolakan peribadatan, konvoi atau aksi balap liar, pesta narkoba dan kebakaran yang diakibatkan petasan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam pengamanan Nataru kali ini di Kabupaten Karimun ada 84 objek yang menjadi perhatian untuk diamankan. Artinya, tidak hanya gereja saja. Tapi, termasuk tempat yang menjadi pusat keramaian masyarakat dan juga objek wisata. Kemudian, dalam operasi ini juga pihaknya mendirikan 6 pos pelayanan yang berada di beberapa lokasi. Kemudian, ditambah dengan satu pos terpadu dan pos bergerak. (san)