Para ASN sedang melaksanakan upacara beberapa waktu lalu. Saat ini Pemkab Karimun lakukan lelang jabatan terhadap enam formasi yang tiga jabatan yang kosong.FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun resmi membuka lelang jabatan yang jumlahnya untuk enam formasi sejak Senin (2/12/2019). Dari enam formasi tersebut hanya tiga jabatan yang kosong atau saat ini dijabat oleh pelaksana tugas (Plt). Sedangkan tiga jabatan lainnya masih ada penjabatnya.

”Lelang jabatan atau seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama kali ini merupakan kebutuhan untuk mengisi kekosongan tiga jabatan kepala dinas. Yakni, Satpol PP, Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,’’ ujar Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah, kepada Batam Pos, Selasa (3/12/2019).

Sedangkan, tiga jabatan lainnya yang masih ada penjabatnya adalah Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kelautan dan Perikanan serta jabatan sekretaris dewan (Sekwan). Ia mengatakan, dengan dilelangnya tiga jabatan yang masih ada penjabatnya berarti akan terjadi mutasi atau rotasi untuk penjabat yang masih menjabat saat ini. Hal ini dilakukan karena Bupati Karimun memandang bahwa tiga jabatan tersebut harus berganti dengan yang baru. Dan untuk menggantinya dilakukan dengan seleksi terbuka. Artinya, lelang ini terbuka untuk pejabat yang ada di wilayah Provinsi Kepri dengan pangkat minimal 4a.

”Tentunya peserta yang akan mengikuti seleksi ini selain berpangkat minuimal 4a, juga harus berkinerja baik. Artinya, selama bertugas di suatu OPD memiliki catatan yang baik. Lebih baik lagi jika memang berprestasi. Dan, ini dibuktikan dengan surat. Karena, tujuan dilaksanakannya lelang jabatan ini untuk mendapatkan pejabat yang mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk memimpin,’’ paparnya.

Sehingga, lanjut Sekda, dalam pelaksaannya tidak hanya melibatkan penguji dari jajaran Pemerintah Kabupaten Karimun saja. Tapi, juga melibatkan akademisi dari perguruan tinggi. Termasuk juga pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XII. Serta tim dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). (san)