PRO KARIMUN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun telah menutup pendaftaran administrasi bakal calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) untuk 12 kecamatan, Selasa (3/12). Dimana, hingga hari terakhir pendaftaran 156 orang yang sudah memasukkan surat lamaran di sekretariat Bawaslu Karimun.

”Alhamdulillah, peminatnya cukup banyak dan untuk kuota setiap Panwascam lebih dari tiga orang. Artinya, kuota setiap Panwascam lebih dari enam orang yang mendaftarkan,’’ terang Komisioner Bawaslu Karimun, M Fadli yang membidangi divisi SDM dan organisasi.

Komisioner Bawaslu Karimun M Fadli yang membidangi divisi SDM dan organisasi ketika melihat berkas calon anggota Panwascam disekretariat Bawaslu Karimun pada hari terakhir Selasa (3/12/2019).FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

Dari hasil rekap persyaratan administrasi tersebut, sebanyak 156 orang ini untuk Kecamatan Moro ada 12 orang, Kundur 11 orang, Karimun 20 orang, Meral 24 orang, Tebing 16 orang, Buru 10 orang, Kundur Utara 13 orang, Kundur Barat 10 orang, Durai 10 orang, Meral Barat 10 orang, Ungar 13 orang dan belat 7 orang.

”Kalau dilihat paling banyak peminatnya berada di Kecamatan Meral ada 24 orang dan peminat paling sedikit ada tujuh orang di Kecamatan Belat. Untuk laki-laki ada 119 orang, serta perempuan 37 orang,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, pihak panitia akan melakukan penelitian kelengkapan berkas dan persyaratan administrasi, serta dilanjutkan dengan pengumuman hasil penelitian administrasi. Dan, setelah itu baru tahapan memberikan tanggapan dan masukkan dari masyarakat dan tes tertulis serta wawancara nantinya.

”Mulai hari ini (Rabu, red) kita lakukan, penelitian administrasi berkas. Apabila ada yang kurang boleh dilakukan perbaikan bagi calon anggota panwascam selama sepekan,’’ terannya.

Sementara itu, Firia Dewi warga Pangke yang mendaftar pada waktu terakhir mengatakan, dirinya berminat menjadi anggota Panwascam untuk turut serta dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun depan. Selain itu, untuk mencari pengalaman baru didunia politik. Bagaimana, proses Pilkada itu berlangsung dan tahapannya.

”Mudah-mudahan luluslah. Menarik juga, tantangan di dunia politik ini,’’ ucapnya singkat sambil menyerahkan berkas kepada panitia. (tri)