Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama tamu undangan saat menghadiri ramah tamah keluarga besar PGRI kabupaten Karimun pada peringatan hari jadi ke 74 PGRI yang disejalankan dengan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019 di stadion gor tertutup Karimun. FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Bupati Karimun, Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim menghadiri ramah tamah keluarga besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karimun, Sabtu (30/11). Acara yang digelar di stadion tertutup Karimun ini merupakan peringatan Hari Jadi ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019.

Rafiq menyampaikan bahwa guru sebagai pilot terdepan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal harus bisa berinovasi dan berkreasi ke depannya.

”Pemerintah Daerah juga mendukung, kepada guru-guru untuk terus berkarya dan mengabdi dalam rangka mencerdaskan masyarakat Kabupaten Karimun menuju Indonesia unggul,’’ jelasnya.

Selain itu, menurut Rafiq, Ketua PGRI Karimun, Muhd Khudri yang mewakili para guru-guru telah menyampaikan beberapa hal kepadanya. Mulai dari pembangunan gedung sekretariat PGRI Karimun, kemudian peningkatan insentif guru-guru dari jenjang PAUDI, PAUD, TK, SD, SMP dan MTs di bawah naungan Pemerintah Daerah. Hal tersebut akan dilakukan peninjauan kembali dan dilakukan perubahan, termasuk akan mengkaji TPP (Tunjangan Penghasilan Pegawai) dari seluruh ASN termasuk guru-guru.

”Apa yang disampaikan Ketua PGRI Karimun, akan kami akomodir dan salah satunya pembangunan gedung sekretariat PGRI Karimun yang sudah disetujui dewan. Tapi, semuanya tergantung kemampuan keuangan daerah. Jangan, nanti terbalek belanja pegawai lebih besar dari belanja publik,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Muhd Khudri mengatakan, kegiatan ini bertema peran strategis guru dalam mewujudkan SDM Indonesia unggul. Yang sebelumnya, dilakukan upacara bendera dan pada pertengahan bulan Desember nanti ditutup dengan senam sehat.

”Ramah tamah ini sebagai bentuk, menjalin tali silaturahmi antar guru. Kita telah menyediakan, beberapa hadiah bagi para guru yang ada di Kabupaten Karimun,’’ terangnya.

Dikatakan, untuk hadiah utama telah disediakan dua unit sepeda motor dari Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Selanjutnya hadiah dari Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim berupa televisi. Hadiah hiburan lainnya, mulai dari beberapa unit sepeda, kulkas, kompor gas dan sebagainya.

”Kita tetap mendorong kepada para guru-guru harus siap menghadapi era revolusi industri 4.0. Dimana, para era modern saat ini, informasi dan teknologi sangat mempengaruhi aktivitas sekolah dalam proses belajar dan mengajar,’’ terangnya. (tri)