PRO KARIMUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimunm sudah menerapkan salah sistem tanda tangan elektronik (TTE). Hal ini sebagai suatu bentuk kemudahan untuk masyarakat yang berurusan administrasi kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil).

”Penggunaan TTE ini sudah beberapa bulan kita jalankan. Memang, sosialisasinya saja yang masih minim kita lakukan di masyarakat,” ujar Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun, M Tahar, kepada Batam Pos, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, TTE yang diberlakukan ini sudah terdaftar dan sudah diakui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sistem TTE ini, katanya, akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang berurusan untuk tanda tangan akta lahir, kartu keluarga (KK), akta kematian dan catatan sipil lainnya.

ilustrasi

Sedangkan, untuk e-KTP tidak bisa digunakan. Sebagai contoh, ketika dia (kepala dinas, red) tidak ada ditempat, maka petugas tidak perlu lagi menunggu untuk meminta tanda tangan. Sebab, sudah ada TTE. Karena, untuk tanda tangan administrasi Dukcapil tersebut memang kewenangan dirinya.

Misalnya, kata Tahar, ada masyarakat dari luar Pulau Karimun datang mengurus akta lahir dan agar bisa pulang ke daerahnya, sudah bisa dilakukan dengan sistem ini.

“Meski saya tidak berada di kantor atau sedang ada keperluan dinas di luar daerah. Yakni, dengan hanya memindai barkod yang diberikan petugas, sudah bisa mencetak sendiri akta lahir, akta kematian dan KK,” jelasnya. (san)