Komisioner Bawaslu Karimun M Fadli saat mengecek berkas calon anggota Panwascam dikantor Bawaslu Karimun. FOTO DOK BAWASLU KARIMUN UNTUK BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun, sejak Rabu (27/11) mulai melakukan penerimaan berkas persyaratan calon anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) untuk 12 kecamatan. Total yang akan diterima yakni 36 anggota, yang nantinya disebar di 12 kecamatan. Masing-masing kecamatan tiga anggota.

”Sesuai dengan pengumuman kemarin, kita berikan kesempatan sepekan kepada masyarakat untuk masukan berkas lamaran di sekretariat Bawaslu Karimun,’’ jelas Komi-sioner Bawaslu Karimun, M Fadli yang membidangi divisi SDM dan organisasi, Kamis (28/11/2019).

Dikatakan, hingga sekarang yang sudah mengantarkan berkas lamaran cukup banyak mencapai 25 orang dari 12 kecamatan. Apabila dilihat dari komposisi masing-masing kecamatan, untuk kuota calon anggota panwascam masih ada yang kosong. Seperti Kecamatan Durai, Belat dan Kundur Utara. Sedangkan, komposisi yang sudah terisi, namun belum memenuhi kuota yaitu Kecamatan Kundur dua orang, Kundur Barat satu orang, Meral Barat, Moro, Tebing masing-masing satu orang.

”Jadi komposisi kuota untuk sementara calon anggota panwascam yang memenuhi kuota ada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Karimun em­pat orang, Meral delapan orang dan Ungar tiga orang,’’ terangnya.

Lanjut Fadli lagi, dari berkas yang diterima rata-rata didominasi lulusan sarjana. Dan, hampir berkas lamaran yang diterima sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan pengumuman beberapa waktu lalu. Namun demikian, masih ada kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam ikut dalam pencalonan anggota Panwascam.

”Insyallah, akan memenuhi kuotalah. Kan, baru dibuka dua hari ini,’’ ungkapnya.

Sementara itu, persyaratan untuk menjadi anggota Panwascam, calon peserta harus memiliki kartu identitas e-KTP, sehat jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika. Bersedia mengundurkan diri dari berbagai jabatan politik, pemerintahan, maupun BUMN, BUMD, BUMDes dan bersedia bekerja penuh waktu. (tri)