Disaksikan Bupati Aunur Rafiq, Ketua DPRD Karimun, M.Yusuf Sirat menandatangani naskah KUA PPAS tahun 2020 seusai disetujui Banggar pada Paripurna, Kamis (21/11). foto.riady

PRO KARIMUN – Akhirnya DPRD Karimun menyetujui Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD tahun 2020 sebesar Rp1,307 triliun. Kesepakatan diambil pada sidang paripurna, Kamis (21/11/2019).

Sebelumnya, pengesahan KUA PPAS tahun 2020, sempat tertunda dua kali. Menyusul pembahasan di tingkat Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), belum menemui kesepakatan untuk dibahas selanjutnya sebagaimana usulan rancangan KUA PPAS yang disampaikan Bupati sebelumnya sebesar Rp1,314 triliun.

Hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD yang disampaikan Sulfanow Putra, pembahasan rancangan KUA PPAS dilaksanakan dengan pola bertahap. Mulai dari penetapan target pendapatan, penetapan nilai belanja, dan asumsi Silpa tahun 2020.

“Jadi, atas ketentuan, pertimbangan serta hasil pembahasan bersama Badan Anggan dan TPAD, akhirnya KUA PPAS tahun 2020 disepakati sebesar Rp1,307,514,764,689,” papar Sulfanow Putra.

Menurut Sulfanow Putra, pemangkasan dilakukan bercermin dari kondisi keuangan daerah yang mengalami defisit dalam beberapa tahun belakangan. Artinya, pemangkasan harus dilakukan dengan asumsi target pendapatan yang realistis.

“Program kerja yang dituangkan dalam KUA PPAS, haruslah belanja yang sifatnya efektif, dan efesien. Dan tentunya berpihak pada kepentingan masyarakat banyak,” tegas kader PDIP ini.

Sementara, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi kinerja Badan Anggaran yang telah menyetujui KUA PPAS untuk dibahas selanjutnya sebelum ditetapkan menjadi APBD.

“Kami sepakat dengan Banggar yang menyetujui KUA PPAS sebesar Rp1,307 T dari usulan awal Rp1,413 T. Atau terjadi rasionalisasi anggaran,” ucap Bupati.

Namun begitu, Bupati meminta dukungan bersama TAPD dan Banggar hingga pembahasan KUA PPAS bisa diteliti secara detail, dan efesien. Sehingga sesuai dengan harapan masyarakat banyak.

Dijadwalkan hari ini, Jumat (22/11), DPRD kembali menggelar paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan. (enl)