PRO KARIMUN – Calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Kepri dari PDI Perjuangan, Soerya Respationo dan Isdianto kompak mengembalikan formulir pendaftaran ke Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Kepri, Senin (11/11) di Tanjungpinang.

Gerindra salah satu kendaraan politik yang diperhitungkan di Pilkada Kepri 2020 mendatang. Soerya dan Isdianto melontarkan pujian ke parpol besutan Prabowo Subianto tersebut.

”Partai Gerindra merupakan partai besar yang sangat diperhitungan. Tentu kami berharap mendapatkan restu dari Gerindra untuk menjadi pengusung pada Pilkada Kep-ri 2020 mendatang,” ujar Soerya Respationo di sela-sela mengembalikan formulir cagub Kepri ke Ketua Gerindra Kepri, Syahrul.

Pria yang merupakan Ketua PDI Perjuangan Provinsi Kep-ri tersebut menjelaskan, pengembalian formulir ini, karena adanya pendaftaran yang dibuka Gerindra Kepri beberapa waktu lalu.

Mantan Wakil Gubernur Kepri periode 2010-2015 tersebut yakin, Gerindra punya visi yang sama memajukan dan menyejahterakan masyarakat Provinsi Kepri. Atas dasar itu, ia berkeyakinan PDIP-Gerindra bisa berjalan bersama pada Pilkada Kepri tahun depan.

”Kita berharap lolos di DPP Gerindra, yang jelas bisa diterima dan kami bisa didukung oleh Partai Gerindra. Karena kami sangat yakin, visinya sama, yakni sama-sama ingin berbuat untuk kesejahteraan negeri ini,” jelasnya.

F. jailani/BATAM POS
Soerya Respationo bersama Isdianto mengembalikan formulir pencalonan gubernur dan wakil gubernur ke Partai Gerindra, Senin (11/11/2019).

Meskipun namanya mulai berkibar, Soerya tidak mau jumawa. Apabila dalam pencalonannya nanti masih belum diberi kemenangan, ia tetap akan bersinergi dengan siapapun untuk membangun Provinsi Kepri ke arah lebih baik lagi.

Ditegaskannya, saat ini diri-nya sudah mantap untuk bersanding dengan Isdianto pada Pilkada Kepri nanti. Apalagi sudah mendapatkan dukungan yang solid dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

”Tentu dengan adanya kerja sama dari Gerindra, bisa menjadi spirit untuk sama-sama bekerja dan berbuat bagi kepentingan pembangunan Provinsi Kepri ke depan. Kita tetap bekerja sama dan insya Allah bisa memenangkannya, tidak menang pun PDIP tetap akan bekerja sama dengan Partai Gerindra,” tegasnya

Disinggung mengenai ada-nya desas-desus tukar guling dukungan antara PDI Perjua-ngan dengan Partai Demokrat Kepri? Mengenai hal itu, mantan Ketua DPRD Batam tersebut menegaskan tidak ada istilah barter dukungan. Namun demikian, Soerya mengakui dirinya sudah melakukan komunikasi yang intens dengan Ketua Demokrat Kepri, Apri Sujadi yang beberapa waktu lalu mengambil formulir pendaftaran ke PDIP sebagai calon bupati Bintan.

”Saat ini Pak Apri sedang mengikuti pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas). Nanti setelah proses tersebut, kita ada janji ketemu karena politik itu butuh komunikasi,” papar Soerya.

Ditanya berapa besar koalisi yang akan dibangun? Soerya menjawab, pihaknya tidak ada target tertentu untuk membentuk sebuah koalisi. Saat ini pihaknya sedang menjajaki komunikasi dengan sejumlah parpol di Kepri. Kembali ditanya apakah sudah membangun komunikasi dengan Partai NasDem Kepri? Soerya hanya tertawa, dan tidak memberikan jawaban yang pasti.

Di tempat yang sama, calon wakil gubernur, Isdianto, turut memberikan sanjungan ke Partai Gerindra. Da juga memberikan apresiasi, karena Gerinda Kepri telah turut serta mengantarkan menjadi wakil gubernur Kepri sampai saat ini.

Selain itu, pria yang sekarang menjabat Plt Gubernur Kepri tersebut berterima kasih kepada Partai Gerindra telah menerima berkas pencalonan dirinya dan Soerya. Isdianto juga berharap agar Partai Gerindra menerima mereka.

”Mudah-mudahan duku-ngan yang diberikan kami semakin lengkap. Mohon doa dan restu agar Kepri lebih baik ke depan. Kami tentu akan berbuat maksimal ke depan. Kemajuan Kepri butuh sentuhan-sentuhan yang maksimal,” kata Isdianto.

Ditanya mengenai peluangnya menjadi Gubernur Kepri definitif? Isdianto mengatakan itu kewenangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ditegaskannya bahwa ia sudah mantap menjadi cawagub dari Soerya Respationo.

Saat ini, katanya, ia fokus bekerja dengan amanah yang sudah diberikan. Sehingga tidak memikirkan tentang peluang menjadi Gubernur Kepri.

”Saya siap dan ikhlas menjadi cawagub pada Pilkada Kepri 2020 nanti,” tegas Isdianto yang juga merupakan politisi PDIP tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Gerindra Kepri, Syahrul, yang menerima langsung kedatangan Soerya-Isdianto bersama rombongan sangat berterima kasih kepada Soerya-Isdianto karena tertarik maju bersama Gerindra.

Setelah ini, kata Wali Kota Tanjungpinang itu, akan di-sampaikan ke DPP. Kewena-ngan final tentunya menjadi ranah DPP Partai Gerindra.

”Kita atas nama partai berterima kasih atas kesungguhan Pak Soerya dan Pak Isdianto ke partai kami. Mudah-mudahan dapat restu dan rekomendasi. Terus terang PDIP-Gerindra memiliki founding father sama yaitu Bung Karno. Mudahan-mudahan disambut baik oleh DPP,” ujar Syahrul.

Pantauan di lapangan, kedatangan Soerya-Isdianto disambut dengan alunan kompang. Sekretaris PDIP Lis Darmansyah, Bendahara PDI Perjuangan Jumaga Nadeak, dan sejumlah politikus PDIP di DPRD Kepri turut mendampingi Soerya-Isdianto.

Sementara itu, dari pihak Partai Gerindra, turut hadir adalah Sekretaris Gerindra Kepri Onward Siahaan, Bendahara Nyang Nyang Haris Pratamura, dan sejumlah politikus Partai Gerindra di DPRD Kota Tanjungpinang. (jpg)