PRO KARIMUN – Pengerjaan jaringan perpipaan SPAM IKK Karimun untuk wilayah Kecamatan Meral Barat yang dikerjakan oleh PT Pinang Multicon Propertindo, sekarang sudah selesai dikerjakan dengan anggaran Rp1,77 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorta Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman wilayah Kepri. Pembangunan jaringan pipa air bersih sepanjang 4,3 kilometer (km)nantinya akan melayani pelanggan di wilayah Kecamatan Meral Barat dan sekitarnya.

“Sudah selesai pengerjaannya dan sekaligus uji coba pipa yang menggunakan tiga pipa, dengan ukuran diameter berbeda. Dimulai dari pipa ukuran 2 inci dengan panjang 3,3 km, kemudian yang 3 inci hanya 400 meter dan 4 inci sepanjang 600 meter. Sehingga, masing-masing pipa tersebut ada fungsinya sesuai kebutuhan,” jelas Kontraktor Pelaksana, Salahudin, Senin (11/11/2019).

Dengan demikian, pihaknya sudah tidak ada pekerjaan lainnya. Sedangkan, untuk serah terima kepada PD PDAM Tirta Karimun yang akan menggunakan jaringan pipa tersebut. Tergantung dari pihak PUPR Provinsi Kepri, kapan akan diserahkan kepada daerah.

“Kita hanya pengerjaan saja. Insya Allah, mutunya kita jamin bagus. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan masyarakat nanti,” ucapnya.

Jaringan pipa air bersih 4,3 kilometer selesai dikerjakan. Tinggal Pengoperasian SPAM IKK Karimun yang membutuhkan daya listrik tambahan.FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Karimun, Indra Santo, ketika dikonfirmasi Batam Pos, pihaknya sedang menunggu penambahan daya listrik untuk pengoperasian SPAM IKK Karimun. Sehingga, bisa beroperasi secara maksimal untuk mendistribusikan air bersih kepada pelanggan baru maupun pelanggan lama disekitar wilayah Kecamatan Meral dan Meral Barat.

“Saya mohon maaf, prosesnya agak terlambat dalam pengoperasian SPAM IKK Karimun yang akan terkoneksi dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sei Bati nantinya. Kemarin, sudah dilakukan uji coba terhadap jaringan perpipaan,” terangnya.

Kata Santo lagi, dalam penyambungan pipa distribusi air bersih kepada pelanggan pada tahun 2018 sama 2019 sudah tersambung 13 kilometer. Yang nantinya, akan memproduksi air bersih 120 liter per detik ketika SPAM IKK Karimun sudah beroperasi. (tri)