Anggota Satpol PP saat melakukan penertiban APK bersama Bawaslu Karimun saat Pileg dan Pilada beberapa waktu lalu. FOTO TRI HARYONO/BATAMPOS.CO.ID

PRO KARIMUN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun segera membuka rekrutmen anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) tingkat kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Hal ini disampaikan komisioner Bawaslu Karimun Fadli yang membidangi divisi SDM dan organisasi kepada Batam Pos, Minggu (10/11/2019).

“Tahapan kita saat ini mempersiapkan, persyaratan untuk calon anggota Panwascam di 12 kecamatan. Totalnya, 36 orang yang dibutuhkan untuk pengawasan tahapan pemilih di tingkat kecamatan,” terangnya.

Mulai hari ini (Senin, red) sudah memasang pamflet maupun spanduk untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang tahapan Pilkada 2020 di Bawaslu Karimun. Di masing-masing kecamatan, agar masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pengawasan tahapan Pilkada dapat ikut serta.

“Kita sebagai salah satu penyelenggara Pilkada, harus bisa turut menyukseskan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Karimun di tahun 2020 mendatang. Termasuk Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri,” ungkapnya.

Dikatakan, untuk Panwascam dibutuhkan tiga orang tapi dalam proses seleksi sendiri minimal ada enam orang yang ikut. Apabila, di bawah enam orang akan dilakukan perpanjangan pendaftaran nantinya. Untuk tahap pendaftaran sendiri akan dimulai Rabu (13/11) mendatang, dengan persyaratan minimal tamatan SMA/Sederajat dengan usia minimal 25 tahun.

“Terkadang kita kesulitan dari pulau-pulau calon anggota Panwascam. Tapi, insya Allah dalam seleksi panwascam tidak ada kendala,” kata Fadli. (tri)

Loading...