PRO KARIMUN – Kabar gembira bagi pelamar CPNS tahun ini. Sebab, bagi yang sudah dinyatakan lulus seleksi kompetensi dasar (SKD) pada seleksi penerimaan CPNS tahun lalu, maka diperboleh-kan tidak ikut ujian SKD jika kembali mendaftar tahun ini.

“Memang, berdasarkan keterangan dari pemerintah pusat terkait penerimaan CPNS tahun ini ada kemudahan yang diberikan. Yakni, jika sudah lulus SKD pada seleksi penerimaan CPNS tahun lalu boleh memilih. Artinya, boleh tidak ikut ujian SKD lagi dan hanya tinggal mengikuti ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) saja,’’ ujar Sekda Kabupaten Karimun, M Firmansyah kepada Batam Pos, Selasa (5/11).

Tapi, lanjutnya, jika tetap ingin kembali mengulang untuk ujian SKD pada seleksi penerimaan CPNS tahun ini juga diperbolehkan. Yang jelas, pada saat mendaftar nanti formasinya tersedia.

Artinya, meski sudah lulus SKD, tapi formasi tidak tersedia, maka tidak bisa mendaftar.
Menyinggung tentang jumlah peserta CPNS yang lulus SKD tahun lalu dan kapan pendaftaran bisa CPNS tahun ini, Firman menyebutkan, sesuai dengan data untuk yang lulus SKD tahun lalu tidak banyak.

’’Kalau data kita hanya ada tujuh orang yang lulus SKD. Dan rata-rata yang lulus tersebut untuk tenaga kesehatan. Tapi, berkas administrasi yang lulus SKD juga harus lengkap. Kalau tidak lengkap, maka tetap gugur dan tidak bisa ikut seleksi,’’ paparnya.

Untuk jadwal pendaftaran, kata Firman, sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi. Yang jelas, pihaknya mengingatkan kepada calon pelamar CPNS agar dalam mengisi formulir secara online harus teliti.

Khususnya, untuk nomor induk kependudukan (NIK). Kalau salah dimasukkan dan sudah didaftarkan, maka tidak bisa diubah lagi. (san)

Loading...